Joune-Kevin Kembali Bawa Pemkab Minut Raih Penghargaan Opini WTP

0

MINUT_Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kembali diterima Pemerintah Kabupaten Minahasa dibawah kepemimpinan Bupati Joune Gandan dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung.

Atas hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2022 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Utara.

Penyerahan penghargaan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan, diserahkan langsung Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Utara Arief Fadillah S.E., M.M., CSFA kepada Bupati Minut Joune Ganda, di aula Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, Senin (15/05/23).

Atas capaian ini, Bupati Joune Ganda mengatakan, keberhasilan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara meraih opini WTP, merupakan bentuk kerja sama semua pihak. Hal ini merupakan prestasi yang membanggakan dan dipersembahkan untuk masyarakat Minut oleh Pemkab.

“Inilah bentuk kolaborasi antara Pemerintah dan DPRD yang membuat hasil pemeriksaan laporan keuangan oleh BPK RI Provinsi Sulut memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada Pemkab Minahasa Utara,” katanya.

Selain itu, keberhasilan Kabupaten Minahasa Utara mendapatkan Opini WTP merupakan komitmen Pemkab Minut dalam mewujudkan tata kelola keuangan yang baik dan ini kami buktikan dengan menerima opini WTP yang telah diterima lewat beberapa indikator yang menjadi penilaian Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) diantaranya tata pengelolaan, proses perencanaan dan evaluasi kinerja.

“Kedepannya kami akan mempertahankan Opini WTP ini. Saya berharap kedepannya OPD¹ yang berkaitan dengan tata kelola keuangan akan betul-betul kami perhatikan sehingga Opini WTP INI dapat kami pertahankan lagi,” kata Bupati Joune Ganda.

Sementara itu, Wakil Bupati Kevin William Lotulung menyampaikan, terima kasih kepada semua pihak yang terlibat atas capaian WTP untuk kedua kalinya ini. Baik kepada BPK Perwakilan Sulut sebagai penyelenggara, DPRD Kabupaten Minahasa Utara yang sudah membantu dalam pengawasan dan sudah memberikan arahan maupun perangkat daerah.

“Serta kepada masyarakat Minut yang sudah berusaha menjaga hasil yang baik ini untuk terwujudnya Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara. Menjadi perhatian juga kepada perangkat daerah untuk lebih disiplin dan teliti lagi dalam pengelolaan keuangan. Sehingga harapan pemerintah dalam meningkatkan kesehjahteraan masyarakat yang ada di Kabupaten Minahasa Utara akan tetap terjaga,” katanya.

Dikesempatan yang sama, Ketua DPRD Minut Denny Kamlon Lolong berharap sinergitas yang terjalin Pemkab Minut dan DPRD terus berjalan dalam rangka mengawasi proses penyelenggaraan keuangan pemerintah Minahasa Utara.

“Kami berharap OPD-OPD di Minut untuk dapat terus mendukung kebijakan-kebijakan Bupati/ Pemerintah Minahasa Utara, sehingga tahun depan bisa kembali meraih Opini WTP,” tandasnya.

Turut hadir Wakil Bupati Minut Kevin William Lotulung, Kaban Keuangan Carla Sigarlaki, Inspektur Stephen Tuwaidan, Kadis Pendidikan Aldrin Posumah dan Kadis Kominfo dan Persandian Robby Parengkuan. (Immora)