Tak Main-main, Ardiles Mewoh Beber Trik Khusus Bawaslu Sulut Di Pilkada 2024

0

SULUT – Kejar kwalitas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serantak Pemilihan Gubenur (Pilgub) dan Pemilihan Bupati (Pilbup) di 11 Kabupaten dan Pemilihan Walikota (Pilwako) di 4 Kota, Badan Penwas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara programkan Komisioner turun lapangan.

Ketua Bawaslu Sulut Ardiles Mewoh menantang Bawaslu Kabupaten/Kota melakukan langkah tersebut.

Menurut Ardiles, jumlah personil para pengawas dilapangan sangat minim, karena itu dirinya bersama komisioner Bawaslu Sulut segera melakukan langkah cepat dan tepat.

Kata Ardiles, salah satunya dengan memberdayakan peran aktif dari stakeholder dan komponen warga.

“Tujuan agenda tersebut adalah untuk memberi pemahaman terhadap warga soal sanksi pelanggaran yang dapat terjadi agar bisa menjadi pegangan mereka untuk melakukan pengawasan membantu Bawaslu dilapangan dalam bentuk laporan,”lugasnya saat menutup Rapat evaluasi fasilitas pembinaan dan penguatan kelembagaan Bawaslu Sulut dalam rangka pengawasan tahapan Pemilu 2024,Sabtu (8/06/2024).

Kata mantan Ketua KPU Sulut ini, terobosan ini perlu ditempuh guna menutupi kerbatasan tenaga pengawas dilapangan dengan berdayakan peran aktif warga.

Kata Ardiles, Untuk membantu Bawaslu Kabupaten/Kota melaksanakan ini, akan ada topangan anggaran dari Bawaslu Provinsi.

“Kami akan memberikan topangan ke 15 Kabupaten/Kota dalam bentuk dana hibah,”ucapnya.

Ardiles berharap sharing anggaran ini akan dapat menyentuh sampai pada tingkatan desa/kelurahan.

“Bawaslu Kabupaten/kota menggunalan anggaran kami untuk sosialisasi pada level kecamatan, untuk desa/kelurahan diminta agar menggunakan anggaran Bawaslu kabupaten/kota,”jelas Ardiles.

Menurut Ardiles ini dapat dilakukan seperti halnya yang pernah dilakukannya saat menjabat sebagai Ketua KPU Provinsi.

“Dulu waktu di KPU, Kami sempat mengadakan sosialisasi serentak di 1.838 desa, saya berharap ini akan dapat dilakukan di Bawaslu juga,”kata Ardiles.

Ardiles dan komisioner Bawaslu juga menyampaikan terima kasih atas sumbangsih stakeholder dan seluruh komponen masyarakat Sulut saat Perhelatan Pemilu awal tahun 2024 ini.

“Kami berharap bantuan dan topangan dari sahabat-sahabat Bawaslu ini akan tetap terjalin dan berjalan sampai pada selesainya tahapan Pilkada dialhir tahun 2024 ini,”tandasnya.