Kapolres Bitung Dilaporkan Anggotanya ke Kapolri, Ini Tanggapan Ketua AMAK Sulut

0

BITUNG — Kapolres Bitung AKBP Tommy Bambang Souissa, SIK diadukan sejumlah anak buahnya ke Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo melalui surat keluhan tertanggal 10 Desember 2023.

Hal itu dilakukan sejumlah anggota Polres Bitung akibat ketidakpuasan mereka atas kepemimpinan Kapolres Tommy Bambang Souissa, yang dianggap mengebiri hak-hak anggota dan juga menyampaikan kata-kata yang tidak pantas (makian_red)

Parahnya pada isi surat itu, mereka mengaku anggaran DIPA yang diperuntukkan untuk kesejahteraan anggota malah dikebiri sang Kapolres untuk kepentingan pribadinya.

Bahkan anggaran yang diserahkan pemerintah kota (Pemkot) Bitung untuk kepentingan pemulihan pasca peristiwa 25 November 2023 atau operasi Mantap Brata juga dikebiri.

Dan masih banyak lagi keluhan yang mereka sampaikan ke Kapolri melalui surat keluhan itu, terkait perlakuan sang Kapolres atas hak-hak mereka.

Sementara Kapolres Bitung AKBP Tommy Bambang Souissa saat dikonfirmasi terkait surat keluhan dari anggota Polres Bitung yang dikirim ke Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dengan tembusan ke Komisi III DPR RI enggan memberikan komentar.

Nomor WhatsApp dalam keadaan aktif bahkan pesan sudah dibaca namun enggan menanggapi konfirmasi wartawan.

Atas peristiwa ini Ketua Aliansi Masyarakat Anti Korupsi (AMAK) Sulawesi Utara, Sunny Rumawung mendesak Kapolri melalui Kapolda Sulawesi Utara untuk menindaklanjuti keluhan anggota Polres Bitung itu.

AMAK menilai perbuatan yang bersangkutan sudah sangat meresahkan para anggota. Bahkan kata dia, kinerja Kapolres Bitung buruk.

“Kami berharap Kapolri melalui Kapolda segera menindaklanjuti persoalan ini. Sebab hal ini sudah sangat meresahkan. Lagipula kinerja Kapolres selama ini sangat buruk,” ujar Rumawung, Sabtu (13/1/2024).

Bahkan Sunny Rumawung menyentil kepemimpinan Kapolres Bitung selama menjabat. Ada banyak peristiwa menonjol terjadi mulai dari pembunuhan di SPBU BCL yang diduga melibatkan mafia BBM.

Bahkan kasus Perumda Bangun Bitung (KMP Tude_red) yang tak kunjung selesai. Dan puncaknya peristiwa 25 November 2023 lalu.

Sehingga AMAK menilai, Kapolres Bitung AKBP Tommy Bambang Souissa layak untuk diganti.

“Banyak peristiwa menonjol yang terjadi selama kepemimpinannya di Kota Bitung. Dan hal itu jadi tolak ukur pimpinan untuk segera mencopot Kapolres Bitung,” tegas Rumawung.

(Paulus Marinu)