Pelatihan UP2K PKK Desa Munte, Camat Likbar Harap Mampu Tingkatkan Ekonomi Keluarga

0

MINUT_Pemerintah Kecamatan Likupang Barat menggelar pelatihan Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) bagi para kader PKK Desa Munte, Rabu (28/12/23).

Pelatihan di buka oleh Camat Likupang Barat Maykel Parengkuan dan dihadiri Ketua TP PKK Likupang Barat Ny. Perengkuan Dapas, Kabid Pangan bidang Konsumsi dan Keanekaragaman Dra. Rosita Dumanau, Sekretaris PKK Kecamatan Jois Rompas, Ketua TP PKK Desa Munte Ny. Gaga Makarau, serta Pendamping Desa Meilan dan Anita.

Camat Likbar Maykel Parengkuan mengatakan, tujuan pelatihan UP2K adalah untuk membina dan mengembangkan kegiatan usaha keluarga yang tergabung dalam kelompok atau perorangan. Sehingga secara bertahap mampu menjadi wiraswasta.

“Oleh sebab itu, saya berharap melalui pelatihan ini para ibu-ibu bisa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang yang tentunya diharapkan mampu meningkatan ekonomi dan pendapatan keluarga,” kata Parengkuan.

Dalam kesempatan ini, Hukum Tua Desa Munte Awal Gaga berharap, para kader PKK yang ikut dalam pelatihan ini dapat mengerti dan bisa menerapkan ilmu yang didapat dari narasumber di dalam keluarga maupun kelompok untuk berkreasi mencari peluang usaha rumahan yang dapat meningkatkan ekonomi keluarga.

“Jaman sekarang semua sudah semakin mudah didapat tinggal bagaimana kita memanfaatkan peluang-peluang yang sudah ada di depan kita, kita harus pandai-pandai mencari peluang. Kemajuan teknologi sekarang sudah gampang melakukan merketing produk khususnya hasil buatan tangan ibu-ibu,” ujarnya.

“Untuk itu, saya berharap agar para ibu-ibu mau berusaha dengan sungguh-sungguh jangan mudah patah semgat, karena setiap kita melakukan suatu usaha pasti ada kendala-kendala,” tambah Hukum Tua.

Sementara itu, Ketua TP PKK Desa Munte Ny. Gaga Makarau menyampaikan, semoga lewat kegiatan pelatihan UP2K para kader PKK Desa Munte dapat memahami, bahwa produksi yang dihasilkan ditingkat rumah tangga maupun kelompok dapat meningkatkan
ekonomi keluarga.

“Kalau praktek pembuatan beragam jenis usaha ibu-ibu so lama jaga bekeng, jadi lewat pelatihan UP2K torang dapa materi bagaimana menjalankan torang pe usaha perorangan mau kelompok dapat terus berjalan sehingga dapat menghasilkan dan kita dapat merasakan manfaatnya dalam peningkatan ekonomi kita” tandasnya.

(Rommy Immora)