Mudik Jalur Laut Aman, Iptu Julio Sebut Terjadi Penurunan Tingkat Kriminalitas

0

BITUNG – Situasi kamtibmas di kawasan Pelabuhan Samudera Bitung selama mudik Natal 2023 berjalan aman dan lancar.

Jajaran Polsek Kawasan Pelabuhan Samudera (KPS) Bitung terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang menggunakan jasa angkutan laut.

Hal itu disampaikan Kapolsek KPS, Iptu Julio Jagratara, SH ketika bersua dengan wartawan diruang kerjanya, Kamis (28/12/2023).

“Pengamanan arus mudik Natal kemarin berjalan dengan lancar dan aman. Lalulintas orang dan barang lancar. Tidak ada pencopetan dan pencurian barang penumpang,” jelas Iptu Julio.

Lebih lanjut kata dia, kemungkinan lonjakan penumpang akan terjadi mulai hari ini sampai besok. Hal ini mengacu dari lonjakan penumpang di libur Natal kemarin.

“Lonjakan penumpang akan terjadi hari ini dan besok, sebab tanggal 30 dan 31 Desember 2023 tidak ada aktivitas kapal baik orang maupun barang,” katanya.

Dirinya pun menghimbau bagi para pengguna lalulintas laut agar tetap waspada dan berhati-hati ketika tiba di pelabuhan. Semua barang bawaan harus dijaga dengan baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Semua penumpang yang akan menggunakan jasa angkutan laut agar tetap waspada, menjaga dengan baik barang bawaan agar tidak terjadi kehilangan,” kata Iptu Julio.

Tingkat kamtibmas di Pelabuhan Samudera Bitung tahun 2022 lalu dibandingkan dengan tahun 2023 ini terjadi penurunan signifikan.

Pasalnya tindakan pencurian dan pencopetan yang biasa terjadi ditahun sebelumnya ditahun ini hampir tidak ada. Begitupun pengiriman minuman keras (miras) jenis captikus yang menurun drastis.

“Untuk gangguan kamtibmas di kawasan Pelabuhan Samudera Bitung terjadi penurunan dari tahun sebelumnya,” jelas mantan Kasatlantas Polres Minut tersebut.

(Paulus Marinu)