Rudy Theno Sebut Panitia FPSL 2023 100 Persen Warga Bitung

0

BITUNG — Ketua Harian Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) 2023, Rudy Theno menyatakan booming FPSL mulai dirasakan pada tahun 2022. Ditandai dengan total pengunjung yang datang diperkirakan mencapai 300an ribu orang dan animo keterlibatan UMKM dari tahun ke tahun terus bertambah.

Hal itu disampaikan Rudy saat menggelar Konfrensi Pers FPSL 2023 di Media Center Gedung BCC Kelurahan Bitung Timur Kecamatan Maesa.

Konfresi Pers itu ikut dihadari Kasdim 1310/Bitung, Mayor Arm Novri Pratasik, Kabag Ops Polres Bitung, AKP Agung Widodo, Kepala Dinas Pariwisata, Pingkan Kapoh dan sejumlah pejabat, Selasa 3/10/2023).

Pada kesempatan tersebut Rudy mengatakan, dampak FPSL mampu menyedot perhatian tidak lepas dari kehadiran Grup Band Jamrud di lapangan Pelabuhan Samuel Languyu FPSL 2022 yang tak mampu menampung 60 ribuan tamu yang juga datang Gorontalo, Palu dan Makasar serta daerah lainnya.

“Ini juga tidak lepas dari peran kreatifitas anak muda Kota Bitung yang berani mengambil alih peran sebagai EO yang juga melibatkan para komunitas anak muda hingga dampak FPSL betul-betul dirasakan langsung masyarakat,” kata Rudy.

Sekretaris Daerah Kota Bitung ini juga menyampaikan, gaung FPSL terus menerus membahana meski tak terlalu signifikan di tahun 2018 dan 2019 berhasil mendatangkan hampir 200 an ribu pengungjung membuat FPSL masuk dalam Calender of ivent Indonesia dari ribuan iven yang diselengarakan di Nusantara.

Di penghujung tahun ini lanjut Rudy, 2020 FPSL tak sia-sia setelah masuk Calender Of ini, FPSL masuk dalam 100 Calender Of Event Indonesia yang tandanya mendapatkan perhatian serius dari Kementerian Pariwisata.

“FPSL 2023 ini adalah iven FPSL ke-8 diselengarakan oleh Pemeritah Kota Bitung sejak tahun 2016 yang juga saat itu, Ketua Panitiannya adalah Wakil Wali Kota, Hengky Honandar,” katanya.

Di tahun 2023 ini, lanjut Rudy, Pemerintahan Maurits Mantiri-Hengky Honandar tidak lagi menyasar kedatangan turis asing karena booming turis sudah dikonfirmasi sejak jauh jauh hari.

Malahan, kata dia, 2 Minggu sebelum pelaksanaan FPSL, Kelurahan Batuputih Kecamatan Ranowulu Bitung sudah didiami oleh 100an turis dari 13 negara. Belum lagi ditengah-tengah pelaksanaan FPSL tepatnya 8 Oktober 2023 akan kedatangan tamu dari kapal pesiar yang jumlahnya 2000an orang lebih.

“Sehingga sasaran dari Pemerintahan Maurits-Hengky adalah pemberdayaan masyarakat mulai dari para juru bahasa hingga UMKM, apalagi FPSL yang digelar selama seminggu,” katanya.

Rudy juga menyampaikan, FPSL 2023 akan dilaksanakan di 4 lokasi, yakni Pusat Kota tepatnya di Gedung Kreatifitas UMKM Bitung Bitung Creatif Centre, kedua di Pelabuhan TNI AL Samuel Languyu yang akan menjadi tempat lomba olahraga air keselurahan, ketiga adalah Boulevald Papusungan Lembeh dan keampat adalah acara penutupan di Stadion Duasudara.

“Dan yang paling membanggakan FPSL tahun inilah banjir sponsor, yakni total 12 Badan Usaha yang berani mengelontorkan dana hingga ratusan juta untuk kegiatan ini. Ini menandakan brand FPSL menjadi buruan sponsor,” katanya.

Dalam konfrensi pers itu, juga disampaikan mekasnisme dan kesiapan aparat keamanan, jumlah UMKM serta susunan acara selama pelaksanaan FPSL 2023.

Diketahui turut hadir dalam konfrensi pers antara lain Camat Lembeh Selatan, Nolfrits Menalang, Camat Lembeh Utara, Jemmy Bungi, Camat Girian, Kader Djumading, Camat Maesa, Handri Benny Enoch, Perwakilan EO, Amir Matusala dan perwakilan sponsor.(Paulus Marinu)