Penanganan Dampak Elnino, Pemkab Minut Gelar Rapat Koordinasi

0

MINUT_ Mengantisipasi dampak buruk yang dapat terjadi akibat El nino, Pemerintah Kabupaten Minahasa menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) penanggulangan dampak El Nino.

Rapat yang berlangsung di Kantor Bappeda Minut, Senin (07/08/23) dipimpin Sekretaris Daerah Novly Wowiling dan dihadiri para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Minahasa Utara.

Rakor dilaksanakan sebagai langkah pemerintah daerah menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2023 Tentang Kesiapsiagaan Pemerintah Daerah Dalam Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan Dan Lahan dan Surat Deputi Bidang Pencegahan BNPB Nomor B-201/BNPB/DII/BP.03.02/07-2023 Tanggal 24 Juli 2023 perihal langkah-langkah mengantisipasi dampak El-Nino, sebagai tindak lanjut arahan Presiden Republik Indonesia.

Sekda Novly Wowiling menyampaikan, koordinasi, komunikasi dan kolaborasi bersama perlu dilakukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap berbagai kemungkinan yang terjadi dalam menghadapi dampak Elnino khususnya kekeingan, kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Minahasa Utara.

“Untuk saya berharap kita bisa tanggap dan waspada akan dampak El Nino seperti kekeringan, kebakaran hutan dan lahan yang bisa berdampak buruk bagi kehidupan masyarakat,” ujar Sekda.

(Rommy Immora)