Dinas Lingkungan Hidup Kota Bitung Sebar 800 Tong Sampah

0

BITUNG—Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bitung akan sebarkan 800 tong sampah di 60 kelurahan.

“800 buah yang akan disebar di 60 kelurahan di luar pulau lembeh. Dan kita akan menunggu surat permintaan dari kecamatan terkait kebutuhan di wilayah masing-masing,” ujar Merianty Dumbela, Senin (12/6/2023).

Lanjut Dumbela, nantinya juga setelah menerima surat dari masing-masing kecamatan, pihaknya juga akan menurunkan tim untuk mengecek lokasi, apa sesuai kebutuhan atau tidak.

“Tim DLH juga akan turun kelapangan untuk memastikan semua titik sesuai permintaan dari kecamatan,” jelas Dumbela.

Terkait informasi ada tim pengangkut sampah yang memuat tong sampah dan tidak tidak dikembalikan, Merianty menyebut sudah mendengar informasi tersebut.

Namun dirinya harus memastikan apakah informasi tersebut benar atau tidak. Sebab kata dia, sampai saat ini belum ada bukti bahwa terjadi hal demikian.

“Ada informasi yang saya dengar seperti itu, tapi harus dibuktikan kebenarannya,” tegas Dumbela.

Dirinya pun menghimbau kepada masyarakat jika ada bukti bahwa ada tong sampah yang dimuat dan tidak dikembalikan, agar segera melapor ke kantor (DLH_red).

“Jika masyarakat melihat ada kejadian itu agar segera melapor,” tegas Dumbela.

Andre salah satu masyarakat Girian mengatakan, jika tong sampah itu sangat penting. Dirinya pun berharap pemerintah memperbanyak tong sampah, agar masyarakat tidak sembarang membuang sampah.

“Kuota tong sampah harus ditambah agar masyarakat punya fasilitas pembuangan. Dan hal itu nantinya mengantisipasi masyarakat membuang sampah sembarangan,” ujar Andre.(Paulus Marinu)