Lokasi Pembuangan Sampah Ilegal Dibersihkan

0

BITUNG—Tindaklanjuti aduan masyarakat terkait kondisi sampah di Kelurahan Makawidey, DLH Kota Bitung bersama pemerintah kecamatan dan kelurahan lakukan pembersihan, Senin (12/6/2023).

“Setelah mendapat laporan masyarakat tim DLH langsung berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan kelurahan untuk mengangkat sampah tersebut,” ujar Kadis DLH, Merianty Dumbela saat ditemui diruang kerjanya, Senin (12/6/2023).

Dumbela pun menghimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Kita sudah siapkan fasilitas tong sampah disetiap kelurahan.

“Masyarakat harus sadar tentang kebersihan. Pemerintah sudah siapkan fasilitas tong sampah disetiap kelurahan. Manfaatkan semua fasilitas itu,” terang Merianty Dumbela.

Dirinya pun berharap agar masyarakat tetap menjaga kebersihan di tempat masing-masing dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Kebersiha menjadi tanggungjawab bersama. Dan itu dimulai dari lingkungan keluarga masing-masing,” ujarnya.

Pemerhati Kota Bitung, Darma Baginda berharap Dinas Lingkungan Hidup menambah armada mobil pengangkut sampah. Sebab menurut Baginda, masing banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

“DLH harus menambah armada angkutan sampah. Pasalnya masih banyak lokasi yang tidak tersentuh oleh mobil angkutan,” ujar Baginda.

Lanjut Baginda, masalah sampah ini tidak akan selesai jika fasilitas dari pemerintah tidak memadai ditambah kurangnya kesadaran masyarakat.

Persoalan sampah harus menjadi tanggungjawab bersama. Jika pemerintah sudah menyiapkan fasilitas, harus diimbangi juga dengan kesadaran masyarakat.

“Harus ada sinergi dari semua pihak, agar persoalan sampah ini dapat diatasi, ujar Baginda.
(Paulus Marinu)