Bupati Joune Ganda Himbau Masyarakat Waspada Erupsi Gunung Ruang

0

MINUT, indo- news.id_Gunung Ruang yang berada di Kabupaten Sitaro berstatus awas level IV setelah kembali erupsi pada Selasa (30/04/24).

“Saat ini penyebaran abu vulkanik sudah turun sampai di Kabupaten Minahasa Utara untuk itu, selaku pemerintah daerah saya mengimbau masyarakat untuk selalu waspada,” ujar Bupati Joune Ganda, Selasa (30/04/24).

Ia mengatakan, dengan adanya erupsi Gunung Ruang yang berdampak bagi masyarakat, pemerintah berharap masyarakat Kabupaten Minahasa Utara tetap tenang dan waspada ketika beraktifitas diluar rumah.

“Gunakan baju, celana yang panjang, memakai masker dan kaca mata atau kain untuk melindungi wajah ketika beraktivitas di luar rumah. Serta segera bersihkan tubuh dan mengganti pakaian saat pulang ke rumah,” kata Bupati.

Ia menambahkan, saat ini pemerintah telah bergerak cepat mengantisipasi dampak abu vulkanik erupsi Gunung Ruang terhadap kesehatan masyarakat.

” Saya sudah mengintruksikan kepada Dinas kesehatan, Camat, pemerintah desa untuk memberikan bantuan pelayanan kesehatan berupa pembagian masker serta logistik kesehatan lainnya kepada masyarakat,” ungkap Bupati Joune Ganda.

(Rommy Rorong)