Dampak Erupsi Gunung Ruang, Minut Status Tanggap Bencana

0

MINUT, indo-news.id_ Pemerintah Kabupaten Kabupaten Minahasa Utara mengeluarkan surat pernyataan tanggap bencana terkait erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) yang berdampak hingga ke Kabupaten Minahasa Utara.

Pernyataan status tanggap bencana disampaikan Bupati Joune Ganda setelah melakukan rapat koordinasi bersama Kalaksa BPBD Minut, Forkompinda, Sekretaris Daerah, BNPB, BPBD Sulut, Basarnas,BMKG, kepala OPD dan Camat, Selasa (30/04/24).

” Melihat adanya peningkatan aktivitas Gunung Ruang dari level III (Siaga) ke level IV (Awas), Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara bergerak cepat untuk melakukan penanganan bencana alam ini,” ujar Bupati.

Ia mengatakan, akibat bencana alam Gunung Ruang menyebabkan terjadinya sebaran abu vulkanik di wilayah Kabupaten Minahasa Utara yang akan berdampak pada masalah kesehatan, pengungsian, lahan pertanian dan pendidikan.

” Oleh karena ini, saya mengintruksikan kepada seluruh OPD, Camat, pemerintah desa bergerak cepat dalam penanganan menghadapi bencana erupsi Gunung Ruang ini,,” kata Bupati Joune Ganda.

(Rommy Rorong)