Paripurna LKPJ 2023, Bupati Joune Ganda Sampaikan Rekomendasi DPRD Sebagai Check and Balance

0

MINUT,INDO-NEWS.ID_DPRD Minahasa Utara menggelar rapat paripurna Penyampaian Rekomendasi DPRD Kabupaten Minahasa Utara Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tahun Anggaran 2023, Jumat (26/04/24).

Rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua I DPRD Minut Poltje Sundalangi, Wakil Ketua II Olivia Mantiri dihadiri Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung lewat Zoom meeting, Sekda Novly Wowiling, Sekwan Jossy Kawengian, 19 anggota DPRD.

Dalam rekomendasinya, DPRD Minut memberikan beragam rekomendasi terhadap pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan yang dibacakan Ketua Pansus DPRD Stendy Rondonuwu kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara.

Bupati Joune Ganda menyampaikan, rekomendasi sebagai salah satu perwujudan check and balance yang saling bersinergi dan melengkapi antara Bupati sebagai pemimpin pemerintah daerah dengan DPRD sebagai representasi rakyat.

“Saya atas nama Pemerintah Minahasa Utara menyampaikan apresiasi dan respek setinggi-tinginya kepada pimpinan dan anggota DPRD telah bekerja keras, bekerja sama, berkarya serta ber-akselerasi cerdas dalam tugas dan tanggung jawab selama pelaksanaan pembangunan tahun anggaran 2023 dan telah memberikan sejumlah rekomendasi terhadap LKPJ 2023,” ucap Bupati.

Ia mengatakan, pelaksanaan APBD tahun 2023 pada dasarnya telah dilaksanakan sesuai program dan kegiatan tahun anggaran 2023 berjalan sesuai amanat regulasi yang ada. Penyampaian rekomendasi DPRD ini secara umum memberikan arahan untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, bertanggungjawab dan akuntabel.

“Rekomendasi ini akan ditindaklanjti dan akan menjadi acuan dalam penyusunan anggaran tahun berjalan dan tahun berikutnya dalam penyusunan kebijakan strategis kepala daerah, baik peraturan daerah dan peraturan Bupati. Pemerintah daerah siap berprogress, berempati, serta bersimpati untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Minahasa Utara,” tandas Bupati Joune Ganda.

Turut hadir dalam paripurna ini, perwakilan Kejari, perwakilan Polres Minut, Direktur PUD Klabat Pricilla Fredrik, Direktur PDAM Roland Maringka, para kepala OPD, Staf Ahli, Stafsus dan para Camat.

(Rommy Rorong)