Gerak Cepat, Sekda Minut Pimpin Rapat Koordinasi Penanganan Pasca Bencana Banjir dan Tanah Longsor

0

MINUT_Pasca bencana banjir dan longsor yang melanda Kabupaten Minahasa Utara pada Minggu (07/04/24 kemarin. Sekda Novly Wowiling pimpin rapat koordinasi dalam rangka penanganan pasca bencana.

Rapat koordinasi penanggulangan bencana di Kabupaten Minahasa Utara dihadiri oleh Asisten 3 Rivino, Kepala Inspektorat Steven Tuwaidan, Kaban Keuangan Carla Sigarlaki, Kaban BPBD Theodorus Lumingkewas, Kadis Kominfo Robby Parengkuan, OPD terkait dan perwakilan.

“Rapat koordinasi ini sebagai wujud respon dan gerak cepat Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dalam melakukan penanganan pasca banjir dan tanah longsor sebagaimana instruksi Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung agar terus berkoordinasi dan lebih responsif dalam menangani bencana serta melakukan langkah-langkah selanjutnya,” ujar Sekda Novly Wowiling usai Rakor, Senin (08/04/24).

Ia mengatakan, dalam rapat ini pemerintah telah menyiapkan langkah-langkah strategis dalam melakukan tindakan serta kebijakan yang akan dilakukan pada 4 wilayah Kecamatan Liksel, Liktim, Likbar dan Wori yang terdampak bencana.

“Bencana ini berdampak pada masyarakat sehingga pemerintah harus bergerak cepat, dan sejak kemarin hingga hari ini lewat petunjuk pak Bupati semua jajaran sudah melakukan langkah-langkah penanganan bencana. Dimana telah dilakukan pembersihan dan terus membuka akses jalan yang tertimbun material tanah longsor dan telah menyalurkan bantuan logistik kepada masyarakat yang terdampak,” kata Wowiling.

Ia menambahkan, pemerintah juga terus berkoordinasi bersama semua komponen termasuk TNI-POLRI, Forkopimda dan Pemerintah Provinsi Sulut.Sehingga penanganan ini betul-betul memberi dampak positif bagi masyarakat yang terkena bencana.

“Hari ini kita bersyukur karena 32 personil Dandim 1310 Bitung akan turun kelapangan dan sore hari ini kita bersama Pemerintah Provinsi Sulut dalam hal ini Wakil Guberrnur Steven Kandou akan turun ke sejumlah lokasi banjir dan tanah longsor untuk meninjau serta memberikan bantuan kepada masyarakat. Bantuan ini berasal dari Pemerintah Provinsi Sulut dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara,” ungkap Sekda Novly Wowiling.

Seperti diketahui beberapa langkah responsif dalam penanganan bencana banjir dan tanah longsor Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara telah menyalurkan bantuan kebutuhan makanan bahan pokok, tenda, tempat pengungsian dan mendirikan dapur umum.

(Rommy Rorong)