Muaz Taizar Basalamah Nahkodai PWI Bitung Masa Bhakti 2024-2027

0

BITUNG — Muaz Taizar Basalamah nahkodai Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bitung masa bhakti 2024-2027.

Pengukuhan dan pelantikan PWI Kota Bitung berdasarkan surat keputusan (SK) Nomor : 04/SK/PWI-SULUT/III/2024 yang ditandatangani pengurus PWI Provinsi Sulawesi Utara.

Pelantikan ini digelar di Kediaman Walikota Bitung, Kelurahan Manembo-nembo Kecamatan Matuari Kota Bitung, Sulawesi Utara, pada Jumat (8/3/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PWI Sulut Drs. Vouke Lontaan yang hadir langsung dalam pelantikan ini tampak didampingi Sekretaris Merson Simbolon, SE.,M.Si. dan Wakil Ketua Bidang Organisasi Jemmy H. Senduk, S.Kom.

Drs. Vouke Lontaan salam sambutannya menyampaikan harapannya agar pengurus PWI Kota Bitung yang baru dilantik mampu menjadi contoh dan teladan dalam menunjukkan profesionalisme sebagai wartawan.

Sebagai Wartawan, mari kita tetap bekerja sesuai Kode Etik Jurnalis dengan membuat berita yang berimbang, serta menjaga kemitraan dengan pemerintah Kota Bitung.

“Jaga hubungan kemitraan dan bantu setiap program pemerintah yang bersentuhan langsung dengan kepentingan publik, sembari berharap agar pengurus PWI Kota Bitung yang baru dilantik mampu menempatkan diri sebagai wartawan yang profesional,” tegas Voucke Lontaan, ketua PWI Sulut.

Sementara itu Walikota Bitung Maurits Mantiri MM, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bitung.

“Saya baru melihat pelantikan seperti ini, ucap Walikota Maurits Mantiri.

Tentunya pelantikan PWI di Kota Bitung menoreh sejarah baru,” timpalnya.

Menurut Walikota sekarang ini, pers adalah sebagai fungsi kontrol sosial, sebagaimana yang tersirat dalam 4 pilar demokrasi di Indonesia, mempunyai peran yang sangat penting dalam membangun bangsa dan negara, serta menjaga NKRI.

Sebab tanpa peran dari pers, sudah pasti program pembangunan tidak berjalan seperti yang diharapkan. Karena itu, sinergitas antara pers dan Pemerintah sangat penting, ungkapnya.

Lebih lanjut Dia juga mengatakan, bahwa menjadi seorang Wartawan yang profesional tidaklah mudah.

Pertama, yang paling mendasar seorang wartawan harus dalam menjalankan tugas harus memahami Kode Etik Jurnalistik, kemudian sesuai regulasi dari Dewan Pers, Selamat bertugas kepada Ketua PWI yang Baru,” tutup Walikota Bitung Maurits Mantiri MM.

Kegiatan pelantikan pengurus PWI Kota Bitung tampak dihadiri oleh Waka Polres Bitung Kompol Afrizal R. Nugroho, SIK, MH, Letda Inf Isak Mangimpis, Mewakili Dandim 1310/Bitung.

Juga hadir Alexander Sirait,SH Mewakili

Kajari Kota Bitung, Musdamin S.Pi Mewakili Ketua Pengadilan Negri Bitung, Piter, Mewakili Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bitung. Youdi Ronni Suawa Mewakili Kepala PSDKP Bitung, Ketua FKUB Kota Bitung Pdt Raimond Carles Manopo, M. Th, dan Para pengurus PWI Kota Bitung

Berikut Susunan Pengurus PWI Kota Bitung Periode 2024-2027

• Ketua : Muaz Taizar Basalamah

• Wakil Ketua Bidang Organisasi : Abineno Mangetang

• Wakil Ketua Bidang Hukum : Alvons Wodi

• Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan : Mirawan Tajuddin

• Sekretaris : Giyat Eko Prasetyo

• Wakil Sekretaris : Wesly Tamasiro

• Bendahara : Yaser Baginda

Seksi Seksi :

• Organisasi dan Keanggotaan : Jamal Gani

• Pemuda dan Olahraga : Usman Nopo

• Hubungan Antar Lembaga : Serdy Kakauhe

• Pendidikan dan Telematika : Arham Licin

• Media Siber : Laode Ali Mardhana

• Hukum dan Politik : Michael Jacobus dan Rendi Rompas

Penulis:Paulus Marinu