Barongsai Kunjungi Kediaman Honandar Sondakh

0

BITUNG — Pelaksanaan upacara Goan Siau atau Cap Go Meh pada 24 Februari 2024 mendatang, barongsai akan melakukan kunjungan ke rumah-rumah masyarakat.

Salah satunya oleh tim barongsai Klenteng Seng Bo Kiong Bitung yang berkunjung di kediaman Wakil Walikota Bitung, Hengky Honandar dan kediaman mantan Walikota Bitung, alm Hanny Sondakh, Kamis (22/2/2024).

Pantauan Indonews.id tim barongsai Klenteng Seng Bo Kiong tiba di kompleks Sari Cakalang sekira pukul 19.00 WITA.

Wakil Walikota Hengky Honandar didampingi istri Ny. Ellen Honandar Sondakh terlihat memberikan langsung angpao kepada barongsai dan disaksikan sejumlah pengurus yang hadir.

Salah satu petugas sembayang Klenteng Seng Bo Kiong Bitung, Stelly Sondakh menjelaskan, kunjungan barongsai merupakan rangkaian perayaan Cap Go Meh yang akan keluar kejalan.

Selain berkunjung ke rumah warga tionghoa, barongsai juga mengunjungi rumah-rumah pejabat. Salah satunya di kediaman Wakil Walikota yang dikunjungi hari ini.

“Ini bagian dari persiapan Cap Go Meh. Dan selain berkunjung ke rumah warga tionghoa, barongsai juga mengunjungi rumah-rumah pejabat, salah di kediaman keluarga Honandar Sondakh,” jelas ci Stelly.

Lebih lanjut kata dia, selain melakukan kunjungan ke rumah-rumah dan mengambil angpao, kedatangan barongsai juga dipercaya dapat menghalau hawa-hawa buruk didalam rumah serta memberi kemujuran.

“Intinya selain mengambil angpao kunjungan barongsai juga dipercaya dapa mengusir dan menghalau hawa-hawa buruk serta memberi kemujuran,” imbuhnya.

Setelah melakukan beberapa atraksi di kediaman Wawali Hengky Honandar, tim barongsai melanjutkan perjalanan untuk menuju tujuan selanjutnya.(Paulus Marinu)