Pj Walikota Asripan Nani Hadiri Peresmian Bendungan Lolak oleh Presiden Jokowi

0

KOTAMOBAGU – Penjabat Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani, menghadiri peresmian Bendungan Lolak oleh PresidenJokowi, Jumat (23/4/2024).

Kegiatan ini dihadiri Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono.

Peresmian dilaksanakan di Desa Pindol Kabupaten Bolaang Mongondow ini berlangsung lancar dan sukses.

Presiden dalam sambutannya menyampaikan, pentingnya pembangunan infrastruktur seperti Bendungan Lolak dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Sulut.

Sementara, Gubernur Olly Dondokambey juga menyampaikan harapannya bahwa keberadaan bendungan ini akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat setempat, khususnya dalam sektor pertanian dan pariwisata.

“Hari ini saya mendampingi Bapak Presiden RI Joko Widodo untuk meresmikan salah satu infrastruktur irigasi Bendungan Lolak yang berlokasi di Pindol, Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow. Semoga dengan hadirnya bendungan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Bumi Totabuan dan sekitarnya,” ucap Olly.

Diketahui, Bendungan Lolak memiliki beberapa fungsi strategis, termasuk penyediaan air irigasi untuk daerah pertanian seluas 2.214 hektare yang diharapkan dapat meningkatkan produksi padi di daerah lumbung beras Sulut.
Selain itu, bendungan ini juga berperan sebagai sumber air baku, pembangkit listrik tenaga air, dan pengendali banjir yang dapat mereduksi debit banjir hingga 12 persen.

Kawasan Bendungan Lolak juga diharapkan dapat menjadi destinasi pariwisata baru di daerah Bolaang Mongondow. Potensi pariwisata ini akan semakin ditingkatkan dengan adanya lahan kawasan bendungan yang dimanfaatkan menjadi Hutan Buah produktif bagi masyarakat sekitar.(Syarip)