Jelang Pemilu 2024, KPU Minut Simulasi Proses Pemungutan Suara

0

MINUT_Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara menggelar simulasi pemungutan suara dan perhitungan suara, di Pendopo Kantor Bupati Minut, Senin (29/01/24)

Selain pemungutan dan perhitungan suara juga disertai penggunaan aplikasi Sirekap (Sistem Rekapitulasi dan Informasi) pada Pemilu 2024.

Ketua KPU Minut Hendra Lumanau, menyampaikan simulasi ini sangat penting dilakukan untuk mengevaluasi kesiapan petugas di tingkat KPPS menjelang pemilihan umum, ini dilakukan agar kita dapat mengoreksi dan mengevaluasi apa saja yang menjadi kekurangan dan kendala di TPS.

“Sehingga pada hari pemilihan 14 Februari 2024 nanti tahapan pemungutan suara dan penghitungan suara dapat berjalan baik dan lancar,” tutur Lumanau.

Ia menambahkan, pada prinsipnya jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara sudah siap menghadapi dan mensukseskan Pemilu 2024.

“Untuk itu, mari kita bersama-sama mensukseskan pemilihan umum pada 14 Februari mendatang,” ujar Lumanauw.

Sementara itu, Bupati Joune Ganda dalam sambutannya, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU Minut. Simulasi ini penting dilakukan dan disosialisasikan bagi masyarakat, karena pelaksanaan pemilu kali ini berbeda dengan pemilu sebelumnya.

“Kali ini kita menggunakan 5 kertas suara sekaligus baik itu surat suara untuk Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. Untuk itu saya mengajak kita semua dan rekan-rekan media dapat mensosialisasikan tata cara proses pemilihan, pemungutan dan perhitungan suara, sehingga masyarakat yang ada di Kabupaten Minahasa Utara mendapatkan gambaran menggunakan hak suaranya,” ujar Bupati Joune Ganda.

Hadir dalam acara simulasi ini, Bupati Joune Ganda, Wabup Kevin William Lotulung, Dandim 1310 Bitung, Letkol Hanif Tupen, Kapolres AKBP Dandung Putut Wibowo, Kajari Minut Edmond Purba, Ketua Pengadilan Juply Pansariang, para Komisioner KPU Minut, Komisioner Bawaslu Waldi Mokodompit, pejabat eselon II, perwakilan partai politik dan awak media pos liputan Minahasa Utara

(Rommy Immora)