TRC BPBD Minut Gercep, Tangani Rumah Rusak Tertimpa Pohon Akibat Cuaca Ekstrim

0

MINUT_Hujan Deras yang terjadi disertai angin kencang membuat pohon tumbang dan meyebabkan kerusakan berat pada salah satu rumah warga di Desa Kampung Ambong, Kecamatan Likupang Timur Selasa (16/01/24).

Menindaklanjuti hal tersebut, Tim reaksi cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara langsung bergerak cepat dengan menggerakkan 1 Unit Mobil Double Cabin, 1 Unit Mobil Station, 1 Unit Motor Trail dan 2 Unit Chainsaw.

“Setelah mendapatkan informasi Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Minut langsung menuju lokasi. Setelah tiba di lokasi kami bersama anggota TNI Danramil Likupang dan masyarakat setempat langsung mengevakuasi rumah warga yang rusak berat tertimpa pohon,” ungkap Kepala BPBD Theodore Lumingkewas.

Ia mengatakan, dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, hanya saja seorang lansia 86 tahun Oma Alwina Tinungki mengalami Trauma. Selanjutnya usai mengevakuasi rumah warga yang tertimpa pohon, kami langsung menyerahkan bantuan dari Bupati Joune Ganda bagi warga yang terkena musibah.

“Selanjutnya untuk mengantisipasi cuaca akhir-akhir ini, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara menghimbau agar kita waspada atau berhati hati dalam perjalanan, perhatikan lingkungan sekitar dan segera menghubungi 112 Call center Kabupaten Minahasa Utara  dan itu bebas biaya, waspada angin kencang yang berpotensi terjadinya bencana,” ujar Lumingkewas.

Selain itu, masyarakat juga diingatkan agar memperbarui informasi melalui media massa maupun media sosial, menjauhi daerah rawan bencana dan nencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan serta mengikuti perkembangan prakiraan cuaca.

(Rommy Immora)