Sunny Rumawung Soroti Mutasi Kasat Intelkam Polres Bitung

0

BITUNG — Singkatnya waktu menjabat Kasat Intelkam Polres Bitung, Destam Dutam, SH menjadi sorotan pemerhati Kota Bitung, Sunny Rumawung.

Pasalnya Destam Dutam yang baru dilantik pada 6 November 2023 lalu, dan baru bertugas kurang lebih 2 bulan 1 Minggu di Polres Bitung langsung di mutasi di Polda Sulut.

Pemerhati Kota Bitung Sunny Rumawung pun menanggapi pergantian Kasat Intelkam Polres Bitung, Destam Dutam yang begitu singkat.

Menurut Rumawung, dengan waktu menjabat hanya dua bulan sebagai Kasat Intelkam dan langsung dimutasi. Ini menjadi tanya bag kita semua.

Rumawung pun menduga pencopotan Destam Dutam sebagai Kasat Intelkam Polres Bitung ada kaitannya dengan peristiwa 25 November 2023 lalu.

Karena menurut Rumawung peristiwa yang terjadi November 2023 itu sangat fatal, bahkan hampir menyebabkan kerusuhan antar golongan di Kota Bitung.

Lebih lanjut kata Rumawung, seharusnya bukan hanya Kasat Intelkam yang dimutasi akibat peristiwa itu, tapi pimpinannya yakni Kapolres Bitung juga harus dicopot.

“Jika mutasi Kasat Intelkam ada kaitannya dengan peristiwa tanggal 25 November 2023 lalu, maka Kapolresnya pun harus dicopot. Karena keduanya dianggap paling bertanggungjawab atas peristiwa yang sangat menghebohkan itu,” tegas Sunny Rumawung.

Dirinya pun berharap bagi Kapolda Sulut yang baru agar segera juga mengevaluasi kinerja Kapolres Bitung.

“Harapan saya Kapolda Sulut yang baru dapat juga mengevaluasi kinerja Kapolres Bitung,” katanya.

Sementara Kapolres Bitung AKBP Tommy Bambang Souissa saat dimintai tanggapan usai upacara serah terima jabatan Kasat Intelkam Polres Bitung di Sport Hall Aspol Pinokalan mengatakan, mutasi ini hanya dalam rangka kebutuhan organisasi.

“Hanya dalam rangka kebutuhan organisasi,” singkat mantan Kapolres Minahasa itu.

(Paulus Marinu)