Bawaslu Minut Gelar Pelatihan Saksi Partai Politik Pemilu 2024

0

MINUT_Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Utara melaksanakan pelatihan saksi partai politik pada Pemilu 2024, di Hotel Sutan Raja Maumbi, Sabtu (23/12/23).

Pelatihan ini dibuka Ketua Bawaslu Minut Rocky Ambar SH.LL.M. M.Kn.didampingi anggota bawaslu Waldy Mokodompit dan Ferdinan Bawengan.

” Kegiatan ini sangat penting dalam menghadapi pemilu 2024. Partai politik dan tim pemenangan wajib memberikan pemahaman kepada para saksi sehingga jalannya proses demokrasi ini berjalan sesuai regulasi dan tidak ada yang nantinya dirugikan,” ujar Rocky Ambar.

Dia mengatakan, dalam pelatihan ini Bawaslu menghadirkan seluruh perwakilan dari partai politik, perwakilan Capres dan Cawapres serta calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang ikut dalam Pemilu 2024 mendatang.

” Untuk itu, sebagai saksi yang bertugas dari Partai politik (Parpol) masing-masing, sudah seharusnya mematuhi dan mengetahui prosedur peraturan berlaku. Hendaknya saksi yang direkrut oleh masing-masing parpol orang-orang yang memiliki komitmen dan dedikasi saat pencoblosan Pemilu berlangsung,” tandas Ketua Bawaslu Rocky Ambar.

Dalam kegiatan ini, Bawaslu minut menghadirkn narasumber dari Akademisi yakni Jhony Alfriets Alexander Suak, pengamat Hukum dan Politik Toar Palilingan dan Ketua KPU Minut Hendra Lumanauw.

(Rommy Immora)