Pemkab Minut Miliki Sistem Penerima Peringatan Gempa dan Tsunami

0

MINUT_Pemerintah Kabupaten Kabupaten Minahasa Utara mendapatkan bantuan alat Display Warning Receiver System generasi terbaru (WRS-NewGen) dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat

Warning Receiver System generasi terbaru itu, merupakan alat peringatan dini gempa dan tsunami tersebut telah terpasang di Atrium Kantor Bupati Minut, Kamis (30/11/23).

Bupati Joune Ganda didampingi Wakil Bupati Kevin William Lotulung menyampaikan, dengan hadirnya alat ini, bisa dengan cepat mengetahui adanya potensi bencana yang dapat sesegera mungkin disampaikan ke masyarakat.

“Alat ini terhubung dengan Indonesia Tsunami Early Warning System dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat. Fungsi alat ini selalu siap menerima dan memberikan informasi cepat peringatan dini gempa bumi dan tsunami di wilayah Sulawesi Utara dan sekitarnya,” ujarnya.

Bupati menambahkan, ketika terjadi gempa, dalam kurun waktu kurang dari 3 menit setelah gempa, alat ini sudah menerima pesan peringatan terkait status gempa yg berpotensi tsunami atau tidak.

Semoga lewat peralatan yg ada ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Minahasa Utara dalam upaya membantu pengurangan risiko bencana kegempaan kedepan.

(Rommy Immora)