Bawaslu Minut Gelar Sosial Pengawasan Pemilu Partisipatif Pilkada Serentak 2024

0

MINUT_Badan Pengawas Pemilahan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Utara menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif pada Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Minahasa Utara, di Hotel Sutan Raja Minut, Selasa (11/07/23).

Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif pada Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Minahasa Utara dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Minut Simon Awuy dengan menghadirkan narasumber Joko Mulyadi Akademisi Universitas Klabat dan Dikson Lahope mantan Komisioner KPU Minut.

Ketua Bawaslu Minut Simon Awuy menjelaskan, fungsi Bawaslu adalah melakukan pencegahan, pengawasan , penanganan dan proses hukum terhadap pelanggaran Pemilu.

“Dalam penyelengaraan pemilu bukan hanya Bawaslu yang bertanggung jawab, tetapi didalamnya ada masyarakat agar terselenggaranya Pemilihan Umum. Selain Bawaslu, ada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan DKPP yang menjadi penyelenggara Pemilu sedangkan yang menjadi peserta Pemilu skala nasional ada 24 partai Politik yang menjadi peserta politik”, jelasnya.

Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif pada Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Minahasa Utara ini diikuti oleh peserta dari Panwascam, PanwasDes, ASN dan media.

(Rommy Immora)