Tingkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat Pesisir, Pemkab Minut Siap Operasikan 4 Unit Kapal Puskesmas Keliling Laut

0

MINUT_Sebagai komintmen dalam peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat khususnya di kepulauan dan pesisir, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung siap mengoperasikan 4 unit kapal Puskesmas Keliling Laut.

Keempat unit kapal Puskesmas Keliling Laut terpantau telah tiba di Pelabuhan Munte pada Rabu (05/07/23) dan siap melayani masyarakat yang ada di wilayah kepulauan dan pesisir Kabupaten Minahasa Utara.

Bupati Joune Ganda mengatakan, keempat unit Puskesmas Keliling Laut ini merupakan bantuan Kementerian Kesehatan RI dan tertata pada Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023.

“Puji Tuhan Kabupaten Minahasa Utara mendapatkan bantuan dari Kementrian Kesehatan berupa empat unit Puskesmas keliling laut. Kehadiran kapal ini diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di kepulauan dan pesisir pantai,” ujar Bupati Joune Ganda, Rabu (05/07/23).

Dia menambahkan, kehadiran Puskesmas Keliling Laut ini merupakan wujud komitmen Joune Ganda dan Kevin William Lotulung (JGKWL) dalam peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat khususnya di kepulauan dan pesisir. Puskesmas Keliling Laut merupakan jaringan pelayanan Puskesmas yang sifatnya bergerak (mobile), untuk meningkatkan jangkauan dan kualitas pelayanan bagi masyarakat di wilayah kerja Puskesmas yang belum terjangkau oleh pelayanan dalam gedung Puskesmas.

“Kapal Puskesmas akan dioperasi mulai Jumat (7/7/2023) untuk wilayah kerja Puskesmas Wori, Likupang Barat, dan Desa Kahuku Likupang Timur,” jelas Joune Ganda.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Minut dr Stella Safitri menambahkan, kapal ini akan standby di beberapa pulau.

“Nantinya akan dapat membantu masyarakat yang di kepulauan apabila perlu penanganan lebih lanjut dalam hal ini dirujuk. Untuk tenaga motoris yang bertanggung jawab dengan pusling laut tersebut sudah disediakan,” ujarnya.

(Rommy Immora)