Mudahkan Masyarakat, Komisi VI DPR RI Apresiasi Program Promo Tambah Daya Ramadan PLN

0

JAKARTA – Komisi VI DPR RI mengapresiasi program promo tambah daya listrik dari PT PLN (Persero) selama bulan Ramadan yakni Program Terangi Ramadhan untuk pelanggan rumah tangga dan Program Ramadan Berkah untuk rumah ibadah. Anggota Komisi VI DPR RI Muslim mengatakan, program promo tambah daya ini sebagai solusi masyarakat untuk bisa menambah daya listrik dengan harga yang sangat terjangkau.

“Saya lihat masyarakat sangat diuntungkan dengan promo tambah daya PLN di bulan Ramadan,” kata Muslim dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VI bersama PLN di DPR, Selasa (11/4/2023) lalu

Muslim mengatakan, banyak masyarakat di daerah pemilihannya (dapil) yang terkendala penambahan daya. Karena itu, Muslim menegaskan program promo Ramadan ini harus betul-betul dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Apalagi di Aceh kan saya sering sekali pak ketemu kepala di Kabupaten itu, sebuah pesantren, mereka ini rata-rata kendalanya di daya pak. Program ini bagus, saya minta sosialisasikan secara masif agar banyak yang memanfaatkannya,” ungkap Muslim.

Promo ini pun menurut Muslim, menjadi bukti nyata baiknya pelayanan kelistrikan untuk masyarakat dari PLN. Dalam kesempatan itu, Muslim juga mengapresiasi kinerja PLN yang cepat tanggap menerima keluhan dari masyarakat, dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kelistrikan.

“Terus terang di akhir-akhir ini sudah cukup bagus ya, khususnya dalam rangka melayani masyarakat,” ungkap Muslim.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan program ini untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan tambahan daya listrik.

“Program diskon tambah daya untuk rumah tangga dan rumah ibadah ini, harapannya bisa mendorong produktivitas masyarakat dan membuat pelanggan PLN semakin nyaman dalam melakukan ibadah,” kata Darmawan.

Program pada Ramadan kali ini yakni Ramadhan Berkah 2023 yakni hanya dengan Rp 150 ribu, rumah ibadah bisa menaikkan daya hingga 5.500 Volt Ampere (VA). Sementara bagi pelanggan tarif rumah tangga, lewat promo bertajuk Terangi Ramadan 2023, pelanggan cukup membayar Rp 202.300 untuk tambah daya mulai dari 450 VA hingga ke 5.500 VA. Jika mengacu harga normal, biaya penambahan daya dari 450 VA ke 1.300 VA yang harus dikeluarkan pelanggan rumah tangga sebesar Rp796.450,-. Sedangkan tambah daya dari 450 VA ke 5.500 VA biaya normalnya Rp4.893.450,-.

PLN juga akan terus menyosialisasikan program tambah daya kepada masyarakat luas. Sehingga, program promo yang berakhir hingga 30 April 2023 ini bisa dinikmati masyarakat luas.

“Kami bersyukur program ini disambut antusias oleh masyarakat. Untuk program Ramadan Berkah sudah lebih dari 8 ribu rumah ibadah yang memanfaatkan program ini. Sementara untuk program Terangi Ramadhan sudah lebih dari 112 ribu pelanggan rumah tangga yang memanfaatkannya. Sosialisasi akan terus kami lakukan, mudah-mudahan ini bisa memberikan berkah bagi masyarakat semuanya,” ucap Darmawan.

Program tambah daya ini masih akan dibuka hingga tanggal 30 April 2023. Seluruh pelanggan PLN bisa mendaftarkan tambah dayanya dengan mudah lewat aplikasi PLN Mobile.

“Saya harap masyarakat dapat memanfaatkan program ini sebaik-baiknya. Silakan mendaftar lewat aplikasi PLN Mobile, pokoknya tambah daya ini dijamin murah dan mudah,” pungkas Darmawan.(Dp/pln)