Walikota Tatong Bara Launching Penyaluran Beras Cadangan Pemerintah Untuk Ribuan Keluarga Penerima Manfaat

0

KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara melakukan launching penyaluran beras cadangan pemerintah untuk ribuan keluarga penerima manfaat (KPM) di Kotamobagu, Senin (17/4/2023)

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Perum Bulog Sub Divisi Regional Bolaang Mongondow, Kelurahan Mogolaing, Kecamatan Kotamobagu Barat.

Wali Kota Tatong Bara mengatakan, penyaluran bantuan beras cadangan pemerintah tersebut, bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran khususnya bagi keluarga penerima manfaat.

“Adapun penerima beras cadangan ini adalah sebanyak 6.709 keluarga penerima manfaat (KPM), dan Insya Allah ini dapat diterima dengan baik, dan bermanfaat bagi keluarga penerima,” kata wali kota

Wali Kota juga berharap agar penyaluran bantuan beras cadangan pemerintah tersebut, dapat segera disalurkan sesuai jadwal.

“Saya berharap agar bantuan beras ini dapat segera disalurkan di 4 Kecamatan di kota Kotamobagu, sesuai dengan jadwal,” harapnya.

Ketua Tim Penyaluran Bantuan Pangan, Rinni Paputungan mengatakan penyaluran bantuan tersebut pihaknya mempunyai dasar peraturan terkait dalam hal pemberian bantuan.

“Dasar pelaksanaannya yakni peraturan presiden 125 tahun 2022 tentang penyelenggaraan  cadangan pangan pemerintah, peraturan badan pangan nasional Nomor 12 tahun 2022 tentang penyelenggaraan cadangan beras pemerintah, keputusan kepala badan pangan republik indonesia Nomor 71/KS.03.03/K/3/2023 tentang petunjuk teknis cadangan pangan pemerintah untuk pemberian bantuan pangan tahun 2023,” kata Rinni Paputungan yang juga sebagai Plt Kepala Bulog Bolaang Mongondow.

Lebih lanjut, Rinni mengatakan adapun penerima bantuan untuk kota kotamobagu sebanyak 6.079 Keluarga Penerima Manfaat (KPM)  atau  60,79 ton beras.

“Kami rencananya akan alokasikan 3 bulan. Yakni, maret, april, dan mei. Tapi, untuk saat ini atas petunjuk dan instruksi, kami laksanakan hanya mengalokasikan bulan maret saja.  Dan hari ini (senin) kami alokasikan yang pertama di Kecamatan Kotamobagu Utara dan selanjutnya kami akan laksanakan sesuai dengan jadwal yang ada,” jelasnya.

“Data yang kami ambil berasal dari data DTKS Kementerian Sosial sesuai dengan perintah Badan pangan Nasional yang diturunkan di seluruh wilayah di indonesia dan Perum Bulog yang ditunjuk sebagai penyedia beras dan transporter untuk wilayah sulut adalah DNR,” tambahnya.

Diketahui, kegiatan tersebut juga dihadiri Sekretaris Daerah Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Kotamobagu.(Dp)