ktg

Pilkada Bolsel,Pasangan Iskandar Kamaru – Deddy Abdul Hamid Unggul 84,6 Persen

0

BOLSEL – Survey yang di rilis Nusantara Research Institute (NRI), Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Nomor Urut 1 Hi. Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid masih unggul.

Survey yang dilakukan NRI ini, guna mengetahui persepsi masyarakat terhadap Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Tahun 2020 dengan menggunakan 410 responden dengan tingkat Margin of Error (MoE) sebesar 4,9 persen. Menurut koordinator divisi data NRI Velia Dina, saat menggelar presentasi, untuk skenario pertama, jika menggunakan 410 responden asli dan pengganti, maka pasangan Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid unggul 84,6 persen. Sementara pasangan nomor urut 2 sebesar 9,5 persen, yang belum memutuskan pilihan 3,7 persen dan rahasia 2 persen.

Skenario kedua, dengan menggunakan 323 responden asli dengan menghilangkan pengganti, maka pasangan calon nomor urut 1 Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid, masih menang dengan angka 84,8 persen. Sementara untuk pasangan nomor urut 2 sebesar 9,6 persen.

Dengan menggunakan asumsi publik 323 responden asli, maka pasangan nomor urut 1 Calon Bupati Bolsel Iskandar Kamaru unggul 84,8 persen. Untuk pasangan nomor urut 2 memperoleh 9,6 persen. Sementara yang belum menyatakan dukungan 3,4 persen dan masih rahasia 1,9 persen.

Dari hasil presentase yang ada, pada skenario pertama, pemilihan Bupati Bolsel dengan menggunakan sampel 410 responden (Asli=323 dan Pengganti=87), dengan Margin of Error sebesar +-4,9%, maka Paslon nomor urut 1 akan menang di kisaran 74%-89,5%. Dengan asumsi angka 74% sudah dikurangi MoE jumlah publik yang memilih rahasia dan belum memutuskan.

Sementara, pada skenario kedua dengan menggunakan sampel 323 responden asli tanpa pengganti, dengan Margin of Error sebesar +-4,9% pasangan nomor urut 1 akan menang di kisaran 74,6% – 89,7%. Dengan asumsi angka 74,6% sudah dikurangi MoE, jumlah publik yang memilih rahasia dan belum memutuskan.

Mayoritas publik, 88,8% untuk kedua pasangan calon mengatakan akan sama pilihannya sampai pada hari pemilihan nanti. Mayoritas publik 94,0% untuk pasangan nomor urut 1 Iskandar Kamaru – Dedi Abdul Hamid mengatakan akan sama pilihannya sampai pada hari pemilihan nanti.

“Dari realitas keseluruhan di atas, bisa disimpulkan publik pemilih pasangan nomor urut 1 tidak akan mengubah pilihan sampai hari pemilihan nanti. Artinya, tidak akan mengubah signifikan angka skenario untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bolsel tahun 2020,” jelas Velia Dina.

Diketahui, survey dari lembaga NRI dilakukan pada 19-23 Oktober 2020 di semua kecamatan yang ada  di Kabupaten Bolsel, dengan menggunakan metode multistage random sampling sebanyak 410 responden, dengan margin of error 4,9 persen. (*/Dp)