Blusukan di Pasar 54 Amurang, Petugas Gabungan Ajak Warga Gunakan Masker

0

INDO NEWS –  Petugas gabungan Polres Minahasa Selatan, TNI, Sat Pol PP, BPBD, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan melakukan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan dengan cara ‘blusukan’ di Pasar 54 Amurang, Sabtu (17/10/2020) siang tadi.

Operasi yustisi secara mobile tersebut dipimpin langsung Kasat Intelkam Polres Minahasa Selatan AKP Jose Trisko. “Ada 12 warga yang tidak memakai masker saat beraktivitas di tempat umum,” kata Kasat Intel

Lanjut dia, para pelanggar protokol kesehatan tersebut kemudian dijatuhi sanksi sosial. “Yakni, menyanyi lagu nasional, mengucapkan Pancasila, dan membuat surat pernyataan. Setelah itu diberi masker gratis,” jelasnya.

Ia juga menerangkan, operasi yustisi ini dilakukan berdasarkan Peraturan Bupati Minahasa Selatan Nomor 37 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Dalam operasi ini juga dilakukan imbauan protokol kesehatan kepada masyarakat. “Demi mencegah penyebaran Covid-19, kami mengajak masyarakat mematuhi 3M. Yaitu, Memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, Mencuci tangan pakai sabun, serta Menjaga jarak untuk mencegah kontak fisik,” ujarnya.

(Gito Mokoagow)