ktg

Diusung PDIP di Pilkada Bolsel,Berikut Profil Singkat Pasangan BERKAH

0

BOLSEL – Bagi masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) keberadaan pasangan Hi. Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid (BERKAH) sudah tak asing lagi di mata rakyat. Pasangan BERKAH yang saat ini masih menjabat Bupati dan Wakil Bupati Bolsel, sangat familier di tanah Totabuan Selatan.

Duet dua politisi yang di usung PDIP, Perindo dan Gerinda ini, diprediksi sejumlah kalangan masih tetap tangguh untuk bertarung pada perhelatan politik lima tahunan yang akan digelar 9 Desember 2020 mendatang.

Sejumlah prediksi maupun spekulasi dari elemen masyarakat Bolsel menyebutkan, kader PDIP yang memiliki infrastruktur partai yang matang dan terorganisir mulai dari tingkat DPD sampai ranting, merupakan kekuatan besar yang sulit dibendung. Ditambah lagi kekuatan 11 kursi di parlemen dan mendapat dukungan dari dua partai politik yakni Perindo dan Gerindra, semakin menambah kekuatan politik untuk pasangan BERKAH maju bertarung di Pilkada Bolsel.

Jika di lihat dari latar belakang kedua politisi ini, pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolsel, sangat matang dalam pengalaman berorganisasi. Baik organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan, serta di bidang pemerintahan.

Jika ditelisik dari sisi etnis, pasangan BERKAH sudah paripurna karena sudah mewakili beberapa etnis di Bolsel, bahkan dua etnis besar baik Mongondow maupun Gorontalo ada dalam keluarga mereka.

Hi. Iskandar Kamaru, lahir di Desa Momalia Kecamatan Posigadan pada tanggal 16 Desember 1974 dan saat ini berumur 45. Hi Iskandar Kamaru juga adalah seorang muslim yang taat.  Ia mempunyai seorang istri yang bernama Selpian Manoppo, berasal dari Kelurahan Mongkonai Kota Kotamobagu, yang merupakan asli keturunan bangsawan Mongondow.

Hi. Iskandar Kamaru dan Selpian Manoppo dikaruniai empat orang anak. Tak hanya itu, Hi. Iskandar Kamaru, jug merupakan keturunan suku Gorontalo yang fasih berbahasa Gorontalo.

Sementara Deddy Abdul Hamid sebagai Calon Wakil Bupati (Cawabub) Bolsel, adalah kelahiran Pinolosian 05 November 1969 yang saat ini berusia 50 tahun. Deddy saat ini berdomisili di Desa Pinolosian Kecamatan Pinolosian. Ia mempunyai seorang istri yang bernama Rosdiana Lapatola yang juga keturunan asli etnis Mongondow dari Kelurahan Matali Kota Kotamobagu dan dikaruniai tiga orang anak. (Dp)