ktg

Wujud Komitmen ke Masyarayakat,Dana Aspirasi Anggota DPR RI Herson Mayulu Terus Disosialiasikan

0

KOTAMOBAGU- Tim Aspirasi Anggota DPR RI Komisi V Hi.Herson Mayulu S,IP berkerja sama dengan Pemerintah Desa Bungko mengelar sosialisasi Dana Aspirasi, yang dilaksanakan di Kantor Desa Bungko, pada 8 September 2020 malam.

Koordinator Tim Aspirasi Kotamobagu – Boltim, Nayodo Koerniawan SH juga sebagai Kader PDI Perjuangan, menyampaikan bantuan dana aspirasi ini adalah wujud komitmen untuk masyarakat dari Anggota DPR RI Komisi V Hi. Herson Mayulu saat dalam kampanye pemilihan.

Ada beberapa program dalam proses dana aspirasi ini, dimana didalam dana aspirasi ini tidak tertata di dalam APBD induk Kotamobagu dan dana aspirasi ini merupakan dana yang datang dari pusat langsung,” ujar Nayodo.

Masyarakat hanya membuat proposal dan dikirim ke pusat dengan prosedur yang harus di lengkapi, sehingga masyarakat harus diberikan pemahaman agar dapat memperoleh bantuan dana aspirasi tahun 2020-2021,” imbuhnya.

Dalam dana aspirasi ada beberapa program bantuan diantaranya Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). “Kami juga meminta kepada Tim Aspirasi untuk mendata penerima yang layak mendapatkan bantuan BSPS,” ungkapnya.

Pada tahun 2020 bantuan BSPS dari dana aspirasi ada 1.000 rumah dengan total senilai Rp17 miliar yang akan dibangun di 65 Desa dan pada tahun 2021 akan diperjuangkan jumlahnya agar lebih banyak lagi dari tahun 2020.

“Untuk itu kami juga berharap bahwa nantinya ada dari masyarakat Desa Bungko yang akan mendapatkan bantuan dari program ini,” terangnya.Selanjutnya, ada program Kota Tanpa Kumuh (KoTaKu) ada dua paket yang nantinya di fokuskan pada daerah pinggiran kota, “Insya Allah ini akan di laksanakan di Kotamobagu yakni di 5 Desa/Kelurahan yang jumlah 1 kegiatan Rp1 Miliar jadi kalau ada 5 Desa/Kelurahan total Rp5 miliar. Semoga Desa Bungko ditunjuk untuk menjadi salah satu pilot project kegiatan ini,” ungkapnya.

Berikutnya ada Program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) dengan jumlah anggarannya ada Rp9 miliar untuk 30 Desa, kemudian ada juga bantuan BUMDEs dengan total anggaran Rp250 juta untuk 5 BUMDes, “Siapa tau lagi Desa Bungko juga akan mendapatkan bantuan ini juga,” ujarnya.

Selain itu juga ada Program Peningkatan Percepatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dengan total anggaran Rp25.5 Miliar untuk 125 Desa/Kelurahan, dan pada tahun 2021 direncanakan akan dilaksanakan Program Embung, Jembatan Gantung, Akses Jalan, Sanitasi dan Rumah Susun.

“Oleh sebab itu buatlah usulan proposal program sebanyaknya, maka nantinya akan dinilai, jika ternyata usulan sesuai dengan syarat dan prosedur tentunya pasti akan di berikan bantuan,” ungkapnya.Sementara itu, Sangadi Desa Bungko, Kautsar Muri Gonibala SE, sangat apresiasi dan menyambut baik mengenai informasi sosialiasi program kegiatan dana aspirasi dari Anggota DPR RI Komis V Herson Mayulu.

“Program dana aspirasi ini diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat dan dapat meringankan beban masyarakat sekaligus untuk sejahterakan masyarakat,” ujar Sangadi.

Menurutnya, untuk skala prioritas masyarakat Desa Bungko mengusulkan bantuan saluran irigasi atau P3-TPAI, “karena masyarakat Desa Bungko sebagian besar berprofesi sebagai petani,” ungkapnya.

Selain itu, dirinya juga mengajukan bantuan BSPS bagi warganya, nantinya di setiap RT akan mendata kebutuhan yang diperlukan masyarakat untuk selanjutnya akan dibuatkan proposal pengajuan bantuan dana aspirasi.

Dalam kegiatan tersebut, Masyarakat Desa Bungko juga menyerahkan proposal pengajuan bantuan dana aspirasi yang diterima langsung oleh Koordinator Tim Aspirasi didampingi oleh Sangadi Bungko.