banner kpu

Miris!! Ribuan ASN Pemkot Bitung Lainnya Belum Terima TPP, Bagian Keuangan Malah Sudah Dicairkan

0

BITUNG — Sungguh miris nasib ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan ratusan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pemerintah Kota (Pemkot) Bitung.

Pasalnya ditengah situasi tak pasti untuk menunggu semua hak dibayar, mala ada salah satu OPD yakni bagian keuangan sudah menikmati Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bulan April 2024.

Hal itu terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara DPRD Kota Bitung dengan Aliansi ASN peduli bersama pemerintah Kota Bitung, diruang paripurna kantor DPRD Kota Bitung, Kamis (20/6/2024).

Salah satu anggota Badan Anggaran (Banggar) Alexander Wenas langsung menanyakan informasi tersebut kepada Sekretaris BKAD, Fernando Makagansa. Apakah informasi bahwa BKAD sudah menerima TPP bulan April dibenarkan Fernando Makagansa.

Menurut Makagansa, sesuai informasi yang didapat bahwa TPP bulan April akan segera dibayarkan, maka bagian yang berwenang langsung melakukan penagihan.

“Betul, untuk bagian keuangan sudah menerima TPP bulan April,” ujar Fernando Makagansa menjawab pertanyaan Alexander Wenas.

Sontak jawaban Sekretaris BKAD tersebut membuat sejumlah ASN yang hadir pada RDP tersebut menjadi riuh.

Apalagi saat Alexander Wenas mengajukan pertanyaan yang sama kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Rudy Theno. Menurut Rudy dirinya pun belum terima TPP.

“BKAD sudah menerima TPP, apakah pak Sekda juga sudah terima? tanya Wenas. Dan Theno menjawab belum terima TPP,” katanya.

Pada RDP itupun sejumlah anggota DPRD Kota Bitung yang hadir hampir sebagian meminta kepastian kepada pemerintah kapan realisasi pembayaran sejumlah tuntutan yang sangat dah disampaikan pada aksi damai beberapa waktu lalu.

RDP yang dimulai sekitar pukul 11.00 wita dan berakhir pukul 14.15 wita itu belum ada kepastian kapan penyelesaian pembayaran sejumlah hak yang dituntut para ASN.(Paulus Marinu)