Irup Hardiknas 2024, Bupati Joune Ganda Bacakan Pesan Mendikbudristek

0

MINUT, indo-news.id_ Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara menggelar upacara peringati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024, di lapangan upacara Pemkab Minut, Senin (06/05/24).

Hardiknas 2024 mengangkat tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”. Bupati Joune Ganda dengan mengenalkan pakaian adat bertindak sebagai inspektur upacara.

Bupati Joune Ganda dalam amanatnya menbacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) RI, Nadiem Anwar Makarim.

Ia menyampaikan, lima tahun terakhir adalah waktu yang sangat mengesankan dalam perjalanan di Kemendikbudristek. Menjadi pemimpin dari gerakan Merdeka Belajar semakin menyadarkan kami tentang tantangan dan kesempatan yang kita miliki, untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

“Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran. Pada awal perjalanannya, kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan, dan rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan,” katanya.

Disisi lain, ketika langkah mulai serempak semua dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan, yakni pandemi Covid-19. Dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup secara drastis.

“Pada saat yang sama, pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan.Selamat Hardiknas, dan mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan merdeka belajar,” ucap Bupati Joune Ganda mengakhiri sambutan Mendikbudristek RI.

Usai upacara Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pensiun kepada sejumlah ASN.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Kevin William Lotulung, para Asisten, para Kepala Perangkat Daerah, para Camat, serta perwakilan guru dan sekolah.

(Rommy Rorong)