Seleksi Paskibraka Sisakan 86 Peserta, Tumundo Singgung Soal Hasil Tes Yang Luar Biasa

0

BITUNG — Seleksi calonPasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Kota Bitung sisakan 86 peserta dari total 116 peserta lolos seleksi administrasi.

Pada seleksi kali ini, tim dari Kesbangpol dan panitia melakukan beberapa tahapan seleksi diantaranya PBB, kepribadian dan kesamaptaan. Sebelumnya para calon Paskibraka dilakukan pengukuran tekanan darah oleh tim tenaga kesehatan dari RSUD Kota Bitung.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bitung, Oktovianus Tumundo ditemui di tribun Kantor Walikota mengatakan, saat ini peserta yang ikut seleksi tinggal 86 orang.

Lebih lanjut kata dia, untuk seleksi hari ini akan menyisakan 50 orang peserta, artinya ada 36 peserta yang akan gugur pada seleksi terakhir hari ini.

“Hari ini seleksi terakhir. Dari 86 orang yang seleksi ini akan tersisa 50 peserta. Berarti 36 peserta yang gugur pada seleksi terakhir ini,” jelas Tumundo, Jumat (26/4/2024).

Selanjutnya 50 peserta ini akan menunggu jadwal pelaksanaan Diklat yang sementara dijadwalkan oleh panitia seleksi.

Ditambahkan pula, seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Bitung dilakukan secara terbuka dengan sistem online.

“Sistem seleksi secara online jadi peserta langsung bisa memantau hasilnya. Ini sepenuhnya kewenagan BPIP Pusat bukan dari Kesbangpol,” ujar Oktovianus Tumundo.

Tumundo juga menyentil soal hasil akademik dari para peserta yang ikut kali ini sangat luar biasa. Pasalnya dari hasil seleksi wawasan kebangsaan, Pancasila dan Tes Intelenjesia Umum (TIU) ada 14 peserta mencapai nilai 100, 14 peserta nilai 95 dan sisanya antara 70 hingga 80.

Hal itu menurut Tumundo berbanding terbalik dengan nilai pada tahun 2023 lalu. Sebab peserta yang mencapai nilai 90 hanya satu orang.

“Hasil seleksi wawasan kebangsaan, Pancasila dan TIU kali sangat luar biasa. Anak-anak yang ikut seleksi kali ini pintar-pintar,” katanya.

Oktovianus Tumundo pun berharap proses seleksi calon Paskibraka tahun ini berjalan sesuai rencana dan jadwal yang sudah ditentukan.

Dan para peserta juga tetap diberikan kekuatan dan kesehatan agar dapat mengikuti setiap proses yang sudah ditentukan.

“Semoga tahapannya berjalan sesuai rencana dan para peserta diberi kekuatan dan kesehatan untuk mampu melewati setiap proses seleksi,” katanya. (Paulus Marinu)