Puncak Peringatan HPN 2024, Bupati Joune Ganda Imbau Pers Ikut Sukseskan UCLG-ASPAC

0

MINUT_Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 Provinsi Sulawesi Utara yang dipusatkan di Kabupaten Minahasa Utara sukses digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulut dan PWI Minut.

Peringatan Hari Pers Nasional yang digelar di JG Center, Senin (02/04/24) dihadiri oleh Kadis Kominfo Minut Robby Parengkuan mewakili Bupati Joune Ganda, Wakapolres Minut Kompol Sugeng Wahyudi Santoso,Dirut PUD Klabat Pricilla Frederik, Dir Keuangan Lidya Katuuk,Dir Ops Fredi Ratumbanua, para Kepala Sekolah, Kepala Desa dan ASN dilingkup Pemkab Minut.

Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, SE. MAP. MM M.Si dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Kominfo Drs. Robby Parengkuan, menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara mengucapkan selamat Kepada Persatuan Wartawan Indonesia, bersama semua Insan Pers dan teman-teman wartawan, atas Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2024, yang mengambil tema, Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional Dan Menjaga Keutuhan Bangsa.

“Saya juga menyampaikan apresiasi dan respek yang tinggi, kepada seluruh insan pers Indonesia, yang telah konsisten bersama-sama dan menemani masyarakat dalam kehidupan berdemokrasi.Pers adalah sebuah alat komunikasi massal, yang mempunyai fungsi mengumpulkan, mempublikasikan informasi yang terjadi. Pers juga didefinisikan sebagai pilar keempat bagi demokrasi (the fourth estate of democracy), dan mempunyai peranan yang penting dalam membangun kepercayaan, kredibilitas, bahkan legitimasi pemerintah,”ungkap Bupati.

Lanjut dijelaskannya, Pers dipandang sebagai seni atau ketrampilan mencari, mengumpulkan, mengolah, menyusun, dan menyajikan berita tentang peristiwa yang terjadi sehari-hari secara indah, dalam rangka memenuhi segala kebutuhan hati nurani khalayaknya. Oleh karena itu, Pers merupakan suatu tugas dan profesi mulia, dalam rangka membangun kemajuan bangsa.

“Menjadi satu kebahagian, saya bisa berdiri ditengah kaum intelektual pemikir, inovatif, dan kreatif, penulis, dan smart, dalam menyampaikan aspirasi masyarakat, untuk kemajuan bangsa. Dimomentum Hari Pers Nasional Tahun 2024 ini, saya dan kita berharap, agar pers menjadi dewasa dan bisa menjawab kebutuhan akan informasi publik, dan tetap menjadi salah satu pilar penjaga demokrasi, dan menjadi rumah bersama, untuk menjernihkan informasi, dengan menyampaikan fakta-fakta apa adanya, dan bukan mengada-ada. Menyampaikan fakta-fakta, bukan mengabarkan asumsi-asumsi dan opini, yang seolaholah ada dan benar,”kata Bupati.

Bupati juga berharap, agar kemerdekaan pers dapat dirasakan oleh seluruh insan sebagai wujud keterbukaan informasi untuk rakyat, dengan mengedepankan asas dan prinsip-prinsip demokrasi, keadilan, dan supremasi hukum. Dengan asas demokrasi dengan menjunjung tinggi nilai demokrasi, dengan menghormati, dan menjamin adanya hak asasi manusia, dan menjunjung tinggi kemerdekaan dalam penyampaian pikiran, pendapatnya, baik secara lisan maupun tertulis.

“Saya percaya pimpinan dan anggota PWI dan semua insan yang sudah melewati Uji Kompetensi mampu mengedepankan asas Keadilan dalam penyampaian informasi kepada masyarakat karena Pers diyakini memegang teguh nilai keadilan melalui pemberitaan yang tidak memihak, tetapi harus berimbang, dan tidak merugikan salah satu pihak,”terangnya.

Asas Supremasi Hukum. Pers dalam menjalankan setiap kegiatannya, harus berlandaskan hukum serta meletakkan Hukum sehingga Pers tidak lantas begitu bebasnya bertindak, meskipun telah ada jaminan Kebebasan Pers yang sebagaimana diatur lewat Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Lewat peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2024 ini, biarlah Pers Nasional tetap berpegang kepada Undang-Undangan Pers Nomor 40 Tahun 1999, dengan menyiarkan informasi yanh tidak menghakimi, atau membuat kesimpulan sendiri, yang tetap sejalan dengan UndangUndang Keterbukaan Informasi Publik.

Wartawan Indonesia selalu menguji informasi, memberitakan secara berimbang, tidak mencampurkan fakta dan opini yang menghakimi, serta menerapkan asas praduga tak bersalah. Kata lain, wartawan bisa menguji informasi, dengan melakukan check and re-check tentang kebenaran informasi itu. Berimbang dan memberikan ruang, atau waktu pemberitaan, dan klarifikasi secara proporsional. Serta, tindak menghakimi dengan pendapat pribadi atau opini interpretatif, atau pendapat yang berupa interpretasi sendiri atas fakta.

“Pada kesempatan ini, saya mengajak Pers dan Perusahaan Pers, untuk dapat memikirkan langkah-langkah yang konkret, dan strategi, serta terus melakukan inovasi adaptif, dalam merespons secara mandiri, dalam rangka kemajuan pembagunan di Sulawesi Utara dan Minahasa Utara, serta saya mengajak Pers, untuk ikut mendukung pelaksanaan Executive Bureau Meeting United Cities and Local Government, Asia Pasific (UCLG ASPAC) 2024 di Kabupaten Minahasa Utara, dan kegiatan Likupang Tourism Festival Tahun 2024,”urai Bupati Joune Ganda yang juga Wakil Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia.

Peringatan HPN 2024 di Kabupaten Minahasa Utara juga sekaligus pelantikan pengurus PWI Kabupaten Minahas Utara periode 2024-2026.

Kegiatan turut dihadiri, pengurus PWI Sulawesi Utara dan Kabupaten Kota diantaranya, Ketua PWI Sulut Drs Vouke Lontaan, Wakil Ketua OKK Drs. Jimmy Senduk, Sekretaris Dr. Merson Simbolon. M.Si, Ketua PWI Kota Tomohon Terry Wagiu, Ketua PWI Kota Manado Joppy Senduk dan Ketua IKWI.

(Rommy Rorong)