Kondisi Sampah di Kota Bitung Disorot, DLH Pilih Bungkam

0

BITUNG — Kondisi sampah di Kota Bitung menuai sorotan dari masyarakat. Pasalnya beberapa hari ini media sosial (medsos) Facebook ramai dengan postingan sampah yang bertumpuk dimana-mana.

Seperti di TPS depan Kantor Lurah Sagerat, terpantau sampah di titik itu sudah berhari-hari tidak diangkut.

Begitu juga di tong-tong sampah di sekitarnya terlihat sudah penuh dengan sampah.

Kondisi tersebut menjadi tanda tanya masyarakat, karena fenomena seperti itu menjadi hal baru dalam pengelolaan sampah di Kota Bitung.

“Baru sekarang terjadi seperti ini. Biasanya, setiap hari sampah di TPS maupun di tong diangkat oleh petugas kebersihan. Tapi hari ini tidak terlihat ada armada sampah yang datang mengangkut,” ujar warga.

Warga lainnya berharap, pengelolaan sampah kembali normal sehingga tidak terjadi penumpukan sampah apalagi kalau sudah berhari-hari.

“Kami berharap, sampah yang dibuang oleh masyarakat di TPS ataupun di tong sampah, diangkut setiap hari. Karena kalau tidak, akan menimbulkan persoalan baru, seperti bau dan tidak enak dipandang mata,” tambah salah satu warga.

Informasi yang berhasil dirangkum Indo-news.id dari berbagai sumber selain kendala ada perbaikan dari sejumlah armada mobil pengangkut sampah, ternyata kendala utamanya yakni operasional Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak ada.

“Bagaimana mobil pengangkut sampah dioperasikan jika tidak memiliki Bahan Bakar Minyak (BBM), jadi mobil hanya di parkir,” ujar sumber yang enggan namanya ditulis.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bitung Merianti Dumbela, nampaknya memilih bungkam saat dikonfirmasi.

Pesan WhatsApp yang dilayangkan sudah dibaca, tetapi hingga berita ini dirangkum, belum mendapat respon.

(Paulus Marinu)