Patroli Pengawasan,Bawaslu Dikawal Kapolda Sulut Bersama Danrem

0

SULUT – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi (Sulut) dari masa kampanye, masa tenang hingga berlangsungnya pungut/hitung suara di TPS terus lakukan patroli pengawasan.

Bersama Polda Sulut yang dipimpin langsung Irjen Pol Yudhiawan Wibisono dan Korem 131/Santiago dipimpin Brigadir Jenderal TNI Wakhyono, Ketua Bawaslu Sulut, Ardiles Mewoh tinjau langsung sejumlah TPS yang ada di Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa dan Kabupaten Minahasa Utara, Rabu (14/2/2024) juga mengecek distribusi logistik dan melihat berlangsungnya pemungutan suara.
“Sebagian besar berjalan dengan lancar,” ucap Ardiles,” ujar Ardiles.

Namun ungkap Ardiles ada beberapa hal yang menjadi atensi dari para pengawas.

“Berdasarkan informasi yang kami terima sampai pukul 18:00 wita tadi ada beberapa hal yang perluh kita selesaikan antara lain, masih ada TPS yang dipending penghitungan suara karena ketua KPPS tidak menandatanangi surat suara dalam jumlah besar. Tapi semoga ada solusinya,” kata Ardiles.

Pun demikian kata Ardiles hal itu sudah dikoordinasikan dengan KPU dan Pimpinan Bawaslu RI terkait solusi di TPS Kota Tomohon.

Selain itu ungkap Ardiles terjadi juga tertukarnya surat suara suatu wilayah. “Antar satu dapil atau satu daerah kabupaten. Namun dalam pengawasan termasuk upaya pencegahan beberapa upaya saran perbaikan sudah dapat diselesaikan. Demikian juga dengan kekurangan surat suara dibeberapa TPS dengan jumlah yang cukup besar bahkan ada yang sampai 111 surat suara. Tapi dengan upaya bersama dengan saran perbaikan dan pecegahan itu sudah kita selesaikan, paling terakhir tadi di minahasa utara,” ungkap yang juga pernah menjadi Ketua KPU Sulut ini.

Disampaikan Ardiles, patroli oleh Bawaslu Sulut akan terus berlanjut. “Sampai berakhirnya pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Juga tetap dilakukan patroli pengawasan hingga surat suara dikembalikan ke gudang penyimpanan, memastikan ini berjalan lancar dan memastikan ini terjaga dengan baik dalam proses logistik kembali ke gudang,” tandas dia.

Untuk diketahui hadir juga di jumpa pers tersebut yaitu, Steffen S. Linu, Zulkifli Densi, Donny Rumagit dan Erwin Sumampouw