Gelar Adat Tulude Sukses, Mantiri Ajak Jaga Kondusifitas dan Saling Menghargai

0

BITUNG — Pemerintah Kota Bitung menggelar acara puncak Gelar Adat Tulude tahun 2024 yang berpusat di lapangan Kantor Walikota, Selasa (6/2/2024).

Pemerintah Kota Bitung menggelar acara puncak Gelar Adat Tulude tahun 2024 yang berpusat di lapangan Kantor Walikota, Selasa (6/2/2024).Foto:Paul

Ketika memasuki panggung utama, Walikota Ir. Maurits Mantiri dan Wakil Walikota Hengky Honandar didampingi Ketua TP PKK Ny. Rita Mantiri Tangkudung dan Sekretaris I TP PKK Ny. Ellen Honandar Sondakh, disambut dengan tradisi adat menjemput tamu kehormatan.

Kedua pemimpin Kota Bitung itu bersama istri dilakukan pengalungan selendang dan pemasangan topi di gerbang masuk. Selanjutnya menuju bangsal utama dengan di iringi tarian dan musik etnis Nusa Utara.

Pemerintah Kota Bitung menggelar acara puncak Gelar Adat Tulude tahun 2024 yang berpusat di lapangan Kantor Walikota, Selasa (6/2/2024).Foto:Paul

Selanjutnya prosesi Adat Tulude diawali dengan laporan panitia yang disampaikan langsung Ketua Umum Panitia Gelar Adat Tulude Kota Bitung, Eugenia Nonarine Mantiri.

Eugenie Mantiri mengatakan, pelaksanaan Gelar Adat Tulude bertujuan untuk merawat dan menjaga tradisi seluruh etnis dan budaya masyarakat Nusa Utara yang merupakan bagian tak terpisahkan dari warga Kota Bitung.   

“Gelar Adat Tulude bertujuan untuk melestarikan budaya dan tradisi masyarakat etnis Nusa Utara yang merupakan bagian integrasi masyarakat Kota Bitung,” jelas Eugenia Mantiri.

Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri dalam sambutannya menyebut kegiatan Adat Tulude merupakan nilai budaya yang harus dijaga dan dilestarikan.

Adat Tulude juga merupakan warisan budaya untuk mempersatukan masyarakat Nusa Utara. Sehingga kita semua perlu menjaganya agar persatuan dan kesatuan tetap terjaga, khususnya bagi masyarakat Nusa Utara.

“Ini warisan nilai budaya leluhur yang harus tetap kita jaga bersama. Adat Tulude juga menjadi pemersatu bagi kita lebih khusus untuk masyarakat Nusa Utara,” jelas Maurits Mantiri.

Mantiri juga mengingatkan masyarakat dalam menyambut pemilihan umum (pemilu) 2024 agar tetap menjaga kondusifitas, agar pemilu dapat berjalan sukses dan lancar.

“Kita punya pilihan yang berbeda-beda. Saling menghargai hak masing-masing dan jangan sampai terprovokasi dengan tindakan oknum-oknum yang tidak ingin pemilu ini sukses,” katanya.

Walikota Ir. Maurits Mantiri pun mengajak seluruh masyarakat untuk hidup rukun dan damai sebagai sesama warga Kota Bitung.

“Mari kita jaga kota Bitung sebagai tempat yang nyaman untuk semua warganya. Saling menghormati, saling menghargai, dan saling menjaga,” ujarnya.

(Paulus Marinu)