Pemdes Munte Alokasikan Dana Desa untuk Pembuatan Talud Sungai

0

MIINUT_ Pemerintah Desa Munte Kecamatan Likupang Barat mengalokasikan dana desa untuk pembangunan infrastuktur desa dengan membangun talud sungai.

Realisasi pembangunan talud ini, menjadi angin segar bagi warga yang berada bantaran sungai, dimana beberapa waktu lalu pemukiman warga yang berlokasi di Jaga III Desa Munte tergerus dan longsor akibat air aliran sungai diwaktu hujan.

Hukum Tua Desa Munte Awal Gaga mengatakan, anggaran pembangunan talud sungai sepanjang 75 meter untuk memperbaiki dan mengatasi tanah longsor ketika musim penghujan ini bersumber dari anggaran dana desa.

“Pelaksanaan pembangunan talud sungai sepanjang 75 meter dengan tinggi 1.40 meter dengan pagu anggaran sebesar Rp.78.766.250 bersumber dari anggaran dana desa tahap II tahun anggaran 2023 dengan masa pekerjaan selama 45 hari kerja,” ujar Gaga, Selasa (29/08/23).

Untuk itu, Awal Gaga berharap agar masyarakat berperan aktif serta membantu dalam bentuk apapun guna kelancaran pembangunan talud tersebut.

“Kami selaku pemdes berharap, agar masyarakat turut berperan aktif dan memanfaatkan, menjaga dan merawat infrastruktur yang di bangun oleh pemerintah desa, diantaranya dengan tidak membuang sampah ke Daerah Aliran Sungai (DAS),” ungkapnya.

Sementara itu, Inggrit Makalew Tim Penggelola Kegiatan (TPK) didampingi Kaur Keuangan Julham Angguhe menyampaikan, pelaksanaan pekerjaan talud sungai melibatkan warga setempat mulai dari perencanaan, hingga pelaksanaannya. Sehingga pemanfaatan dana desa menyentuh kepada masyarakat.

“Saat ini pelaksanaan pembangunan talud sungai sedang dikerjakan, dan pekerjaannya kami melibatkan masyarakat jaga II Desa Munte yang diatur untuk bekerja bergantian dengan target pekerjaan sekitar 45 hari kerja bisa selesai kalau tidak ada halangan apapun,” ujarnya.

(Rommy Immora)