Manfaatkan Dana Desa, Pemdes Munte Bangun Saluran Drainase

0

MINUT_ Guna mengantisipasi terjadinya genangan air di ruas jalan saat turun hujan, Pemerintah Desa Munte, Kecamatan Likupang Barat membangun saluran drainase diwilayahnya.

Salah satunya pembangunan drainase di wilayah jaga II sepanjang 275 meter dengan pagu anggaran sebesar Rp. 150.278.000 yang bersumber dari anggaran dana desa tahap II tahun anggaran 2023.

Hukum Tua Desa Munte Awal Gaga mengatakan, pembagunan saluran drainase merupakan salah satu fasilitas penting dalam perencanaan desa khususnya perencanaan pembangunan infrastruktur desa.

“Program pembangunan drainase ini merupakan aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui musyawarah desa pada peyusunan peraturan desa tentang Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPD) tahun anggaran 2023,” kata Gaga, Selasa (29/08/23).

Gaga menambahkan, pembangunan drainase ini berfungsi untuk menyalurkan massa air berlebih dari pemukiman masyarakat serta mencegah terjadi genangan air di ruas jalan maupun dilingkungan masyarakat saat turun hujan.

“Oleh karena itu kami selaku Pemdes berharap agar masyarakat berperan aktif serta membantu dalam bentuk apapun guna kelancaran pembangunan talud tersebut dengan menjaga dan merawat infrastruktur yang di bangun oleh pemerintah desa,” ungkapnya.

Sementara itu, Sarino Nahor Tim Pengelola Kegiatan (TPK) didampingi Kaur Keuangan Julham Angguhe menyampaikan, pelaksanaan pekerjaan drainase di kerjakan langsung oleh masyarakat sebagai bentuk pemberdayaan terhadap masyarakat sekitar.

“Pekerjaan pembangunan drainase ini kami melibatkan masyarakat warga jaga II Desa Munte yang diatur untuk bekerja bergantian dengan target pekerjaan sekitar 90 hari bisa selesai kalau tidak ada halangan apapun,” ujarnya.

(Rommy Immora)