Program Desa Mandiri , Dinas PMD Kotamobagu Gelar Rapat Pemutakhiran Data IDM

0

KOTAMOBAGU – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kotamobagu menggelar rapat Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun (IDM), Kamis (13/4/2023).

Rapat yang digelar di Kantor Dinas PMD tersebut dipimpin Kabid Pemerintahan, Kelembagaan dan Aparatur Desa, Wiwie Anita Dessy Sabunge, serta dihadiri seluruh operator desa, dan tenaga ahli DP3MD dari Kementerian Desa (Kemendes).
Wiwie Anita Dessy Sabunge mengatakan Rapat tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti Program Desa Mandiri dari Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara.

“Jadi kami Dinas PMD akan membackup dan memfasilitasi desa-desa mana yang memiliki kemungkinan untuk menjadi desa mandiri di tahun 2024. Tapi untuk pendampingannya khusus dilakukan oleh tenaga ahli untuk membackup indeks desa pembangunan lewat aplikasi,” ucap wiwie usai kegiatan rapat tersebut.
Lebih lanjut, ia mengatakan dalam rapat tersebut tenaga ahli P3MD ditugaskan untuk membimbing penginputan pemutakhiran data IDM.

“Kemudian setelah penginputan dilakukan dengan menggunakan aplikasi, hasilnya akan dikirimkan ke Kementerian Desa, sehingga akan langsung diketahui apakah desa tersebut sudah masuk kategori desa mandiri atau tidak,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa rapat tersebut finalisasinya akan dilakukan bulan mei mendatang, setelah semua data dari desa-desa sudah dirangkum.

“Jadi setelah kita sudah mendapatkan data dari desa-desa yang memiliki kemungkinan menjadi desa mandiri tahun 2023, kami akan menggelar rapat terakhir finalisasi penginputan, yaitu pada bulan mei, dan hasilnya akan langsung diberitahukan kepada desa yang terpilih,” tambahnya

Sementara itu Tenaga Ahli P3MD, Dedi Martasen menyampaikan kegiatan tersebut merupakan pengisian Kuesioner Indeks desa membangun 2023.

“Bahwa desa-desa yang ada di Kotamobagu di dua tahun terakhir ini statusnya masih di desa maju. Maka tentu harapannya di tahun 2024 ini bisa menjadi desa mandiri,” ucap Mantan ketua BKPRMI Kotamobagu ini.
Menurutnya desa di Kotamobagu tersebut harusnya sudah bisa naik status dari desa maju ke desa mandiri.(Dp/*)