Peringatan Nuzulul Quran di Desa Bumbung, Pj Bupati Bolmong Limi Mokodompit Sampaikan Capaian Pembangunan

0

BOLMONG – Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Limi Mokodompit didampingi Ketua TP-PKK, Iryanti Suleha Mokodompit-Uswanas menghadiri peringatan Nuzulul Quran di Masjid Al-Ikhlas, Desa Bumbung, Kecamatan Lolak, Jumat 7April 2023.

Pj Bupati Bolmong, Limi Mokodompit didampingi Ketua TP-PKK, Iryanti Suleha Mokodompit-Uswanas dan Ketua DPD KNPI Bolmong, Feramitha Mokodompit saat menghadiri peringatan Nuzulul Quran di Masjid Al-Ikhlas, Desa Bumbung, Kecamatan Lolak, Jumat (7/4/2023).Foto;Indo-news.id

Kegiatan tersebut juga dihadiri para asisten, staf khusus bupati, Ketua DPD KNPI Bolmong, Feramitha Mokodompit, Camat Lolak, Danramil, tokoh masyarakat dan masyarakat Desa Bumbung.

Kegiatan diawali dengan shalat tarawih berjamaah di Masjid Al-Ikhlas Desa Bumbung.

Dalam peringatan Nuzulul Quran, Penjabat Bupati Bolmong, Limi Mokodompit menyampaikan beberapa hal terkait capaian-capaian penyelenggaraan pemerintahan dan kemasyarakatan di tahun 2022. Pertama adalah infrastruktur. Limi Mokodompit mengatakan, infrastruktur di Bolmong yang dibangun di tahun 2022 telaksana dengan baik.

“Allhamdullah program pembangunan di tahun 2022 berjalan dengan baik dengan evaluasi, Bolmong adalah pengelola terbaik DAK pertama di Sulawesi Utara,” kata Limi.

Kemudian kata Limi, yakni Inflasi. Menurutnya, inflasi di Bolmong masih terkendali. Intervensi pemerintah seperti pasar murah, termasuk penandatanganan BTT dalam rangka penguatan ketersedian pangan.

“Satbilitas harga dan ketersediaan pangan di Bolmong masih terjaga. Ini semua terjadi karena kerja keras kita semua,” terang Limi.

Masyarakat turut hadir pada peringatan Nuzulul Quran di Masjid Al-Ikhlas, Desa Bumbung, Kecamatan Lolak, Jumat (7/4/2023).Foto:Indo-news.id

Selanjutnya terkait Stunting. Pj Bupati Limi menerangkan setelah dilakukan intervensi beberapa program pemerintah termasuk kegiatan PKK dengan turun ke desa beserta dinas terkait, stunting di Bolmong terus mengalami penurunan.

“Evaluasi kita di provinsi bahkan di Kemendagri, Bolmong angka stuntingnya tinggal 60. Saya tergetkan nol stunting, Bolmong terbebas dari stunting,” tegasnya.

Lebih lanjut ia katakan, untuk pertumbuhan ekonomi di Bolmong kini sudah di angka 5,3 persen dari sebelumnya hanya 3,5 persen.

“Pertumbuhan ekonomi di Bolmong semakin membaik. Ini karena program-program yang sudah jalan,” terangnya.

Pj Bupati Limi menambahkan di momen Ramadan ini, ia mengajak seluruh masyarakat berkontemplasi, saling memberi maaf, dan membuka hati serta bersihkan diri.

Para pejabat Pemkab Bolmong serta tokoh masyarakat turut hadir pada peringatan Nuzulul Quran di Masjid Al-Ikhlas, Desa Bumbung, Kecamatan Lolak, Jumat (7/4/2023). Foto:Indo-news.id

“Karena di bulan suci Ramadan ini banyak hal yang baik akan datang dari Allah SWT,” ujarnya.

“Pak gubernur mengatakan  bahwa pemerintah hanya dua tugasnya. Yakni bagaimana menyenangkan masyarakat dan bagaimana mensejahterahkan masyarakat,” jelasnya.

“Saya berharap agar hikmah Ramadan ini mari kita tetap menjaga persatuan kebersamaan, jaga hubungan antara masyarakat satu dengan yang lain. Menjaga toleransi, saling melindungi, saling menyayangi. Karena sesungguhnya torang samua basudara. Torang samua ciptaan Tuhan. Pak gubernur bilang torang ini semua ciptaan Tuhan,” pungkasnya.(Dp)