Bupati Sachrul Minta DKP Stok Beras Aman di Bulan Ramadan

0

BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto, memerintahkan kepada pihak Badan Ketahan Pangan (DKP) dan instansi terkait untuk memastikan stok beras cukup menjelang momentum peningkatan permintaan masyarakat pada bulan suci Ramadhan.

“Arahan Bupati masuk puasa, lebaran, ketersediaan stok beras dipasaran aman,” kata Kepala Dinas  Ketahanan Pangan Boltim Aiko Mantemas

Aiko menjelaskan dimana menjelang dan saat Ramadhan stok beras kita aman .

” Memang untuk Haerga Eceran Tertinggi (HET) di pasaran atau dimasyarakat itu bervariasi , ada penjual yang menjual beras premium mulai dari Rp 11 ribu hingga Rp 13 ribu/ kilogramnya,” kata Aiko.

Tapi pihaknya , mengaku selalu mengontrol kondisi stok beras di warung dan pengecer beras. lanjut Aiko bahwa dengan harga pasaran beras premium di masyarakat yang bervariasi tentunya  petani tidak rugi dan harga beras ke konsumen juga tidak membebani inflasi.

Disisi lain Aiko menambahkan dimana untuk tahun 2023 ini selain pihak Bulog melakukan pasar murah di 7 kecamatan agar bisa membantu masyarakat, daerah kita memiliki stok beras dari Bulig sebanyak  9 (sembilan)  ton dari Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD).

” Nah stok beras ini juga penyaluranya  bisa dilakukan ketika ada bencana termasuk pasca banjir atau stunting. Untuk stunting bagi anak kurang gizi sesuai data yang ada di dinas kesehatan.”

Untuk tahun 2023 ini belum ada penyaluran karena masih menunggu Perda CPPD, kata Mantemas. Sembari, menambahkan bahwa ,  untuk boltim sendiri selain CPPD, stok beras masih banyak tinggal harga dilapangan yang masih tinggi. Sehingga kami selalu turun dilapangan mengecek ketersediaa  beras dimasyarakat dan Alhamdulillah hingga lebaran nanti stok beras di Boltim dipastikan aman ,” pungkas Mantemas.(bm)