Digelar Secara Virtual,Pemkot Kotamobagu Ikuti Rakor Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2023

0

KOTAMOBAGU – Sekretaris daerah (Sekda) Kota Kotamobagu  Sofyan Mokoginta SH mengikuti rapat koordinasi (Rakor) nasional terkait pengendalian inflasi tahun 2023, Senin (13/2/2023)

Rapat yang berlangsung secara virtual ini, dipimpin Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan turut dihadiri lintas kementerian dan lembaga. Serta turut di hadiri unsur Forkopimda, Perum Bulog Cabang Bolaang Mongondow Raya, serta sejumlah pimpinan OPD terkait.

Ditemui usai rakor, Sofyan menjelaskan, bahwa rakor nasional pengendalian inflasi yang dilakukan, merupakan program rutin yang dilakukan dalam rangka monitoring  kondisi perkembangan nilai inflasi secara nasional.

“Dalam rakor tadi, selain menampilkan harga komoditi maupun inflasi, pak menteri juga menyampaikan berbagai  strategi, upaya dan langkah yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah dalam rangka menekan atau mengendalikan Inflasi,”ujarnya.

Sofyan mengatakan, secara nasional arahan terhadap pengendalian inflasi ini sudah dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu dan akan menjadi prioritas pemerintah daerah.

“Intinya, kita di daerah harus mengikuti target nasional bahkan kalau boleh harus dibawah target nasional. Sehingga diharapkan tahun ini kita bisa menekan laju inflasi,”terangnya.

Lanjutnya, menjelang ramadhan dan idul fitri, pemerintah pusat juga menekankan kepada pemerintah daerah untuk mewaspadai kenaikan harga bahan pangan pokok di pasaran.

“Tadi juga pak menteri menyampaikan menjelang ramadhan dan idul fitri kita harus waspada terhadap kenaikan harga bahan pangan pokok, karena dilihat dari trend harganya sudah mulai naik, terutama tiga komoditi yakni beras, minyak kelapa dan gula,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Bagian Ekonomi Kota Kotamobagu Suhartien Tegela mengatakan, inflasi daerah Kotamobagu di bulan Januari 2023 berada diangka 7,42 persen.

“Atas arahan dari Kemendagri ada tiga bahan pokok yang harus diwaspadai, yakni beras, minyak kelapa dan gula pasir. Upaya Pemkot Kotamobagu dalam pengendalin inflasi di bulan Februari ini salah satunya operasi pasar Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang bekerjasama dengan Bulog Cabang Bolaang Mongondow,” terangnya. (Dp)