Tim Evaluator SIPP Kunjungi DPMPTSP Kotamobagu

0

KOTAMOBAGU- Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kotamobagu menerima kunjungan Tim Evaluator Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) Provinsi Sulawesi Utara,  di kantor DPMPTSP Jalan D.I Panjaitan, Kelurahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Timur, Selasa (01/09/2020)

Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Christodharma S. M. Putra Sondakh,  S.H., selaku Ketua Tim Penilai mengatakan kunjungan terkait penilaian pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat.

“Kami sebagai tim evaluator dari provinsi yang ditunjuk oleh Kemenpan RB akan menyampaikan terkait hasil dari peninjauan di lapangan. Komponen penilaian di antaranya kebijakan, pelayanan, sarana dan prasarana serta inovasi yang ada di DPMPTSP, dengan nilai yang dikeluarkan kumulatif dari 6 sampai 8 komponen yang dinilai dan hasilnya nanti akan kami laporkan langsung ke Kemenpan RB. Tahun sebelumnya DPMPTSP Kotamobagu mendapat nilai B tetapi setelah melihat langsung tidak menutup kemungkinan Kotamobagu tahun ini akan mendapat nilai A, tetapi semua keputusan final ada di pusat,” ucapnya.

Sementara itu Kepala DPMPTSP Kotamobagu Noval Manoppo, S.E., mengatakan yang menjadi point penting penilaian yakni ada beberapa item antara lain terkait dengan pelayanan perijinan yang dilihat secara online, secara fisik kemudian sarana dan prasarana serta kompetensi dari seluruh PNS yang ada.Dari sisi kompetensi PNS Alhamdulillah hari ini setelah dinilai seluruh tim teknis yang ada di dinas yang mengeluarkan rekomendasi teknis sudah berkantor di DPMPTSP di antaranya ada dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas  Perhubungan dan lainnya yang terdiri dari 14 SKPD yang berkantor,” ucap Noval.

Lebih lanjut Noval mengatakan dari sisi online baik secara pengaduan maupun pelayanan perijinan melalui online sudah diberlakukan dan sudah di upgrade oleh teman-teman dari Kominfo, yaitu ada aplikasi simpelmod dan ada juga website untuk kanal pengaduan dan media sosial Facebook, Instagram dan lain sebagainya.

“Mengenai sarana dan prasarana tadi sudah disampaikan bahwa  kami masih menggunakan prasarana yang ada untuk diefektifkan, dilihat dari fisik bangunan ini memang sudah tua tetapi hal-hal yang menjadi indikator penilaian kita penuhi semua mulai dari ruang tunggu, Wi-Fi gratis, akses disabilitas serta toilet untuk penyandang cacat sudah ada aksesnya. Untuk hasil biasanya akan diumumkan bulan Oktober kemudian penyerahan piagam dilaksanakan bulan November. Tahun lalu kita mendapatkan nilai B dan insya Allah dengan adanya beberapa SKPD yang sudah bertugas disini mudah-mudahan tahun ini kita dapat memperoleh Nilai A