Panen Raya Cabe di Desa Adow Selatan, Wabup Bolsel Ajak Petani Manfaatkan Lahan.

0

ADVERTORIAL

BOLSEL – Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Deddy Abdul Hamid, menghadiri sejumlah kegiatan yang dilaksanakan di Kecamatan Pinolosian Tengah, Rabu (29/1/2020).

Pada kegiatan yang dimulai sekitar pukul 08.15 WITA tersebut, Wakil bupati didampingi Sekda Bolsel Marzanzius Arvan Ohy, para asisten, staf khusus, staf ahli, dan sejumlah kepala SKPD, mengawali kegiatan dengan membuka secara resmi panen raya cabe di Desa Adow Selatan.

Dalam kesempatan memberikan sambutan saat membuka panen raya cabe, wakil bupati menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut.Menurutnya, kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang sangat positif, terlebih bagi para petani.

Ini adalah kegiatan positif yang dapat menginspirasi para petani, untuk tidak malas bertani. Mari kita manfaatkan lahan yang ada. Saya minta kepada dinas terkait agar dapat membantu petani, dengan memberikan bantuan bibit tanaman,” imbaunya.

Mantan anggota DPRD Bolsel ini juga mengingatkan kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, untuk melakukan survei areal mana saja, yang dapat dikembangkan. Agar, program bantuan pemerintah daerah khususnya di bidang pertanian, dapat tersalurkan dengan baik.

“Karena, kalau petani sejahtera, maka masyarakat juga sejahtera. Mari kita bertani. Insha Allah, lepas musim hujan, saya juga akan menanam cabe,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, melaui Sekretaris Dinas Ronal Daun, menyampaikan bahwa potensi tanaman cabe, jenis cabe varietas dewata,di Desa Adow Selatan seluas 8.5 hektare, jenis cabe varietas lokalseluas 15 hektare, dengan produksi sampai bulan Januari telah mencapai kurang lebih 4.8 ton.“Kegiatan ini merupakan efisiensi untuk memanfaatkan lahan, serta untuk memotivasi petani-petani dalam kelompok tani, untuk memaksimalkan potensi lahan dan komoditi unggulan,” terang Ronal.

Usai membuka secara resmi panen raya cabe, dan turut serta melakukan panen raya, selanjutnya wakil bupati dan rombongan melakukan peninjauan hasil buah dan sayuran, yang  ditanam oleh dua kelompok tani di Desa Adow Selatan, yakni Kelompok Tani Karya Sejati dan Sehati. Kemudian, melakukan peninjauan inseminasi buatan pelayanan kesehatan ternak sapi yang ada di Kecamatan Pinolosian Tengah.

Turut hadir juga pada kegiatan itu, Camat Pinolosian Tengah Alamsurya Mokodompit, Kepala Desa Adow Selatan Sadipon Mongilong, dan dua perwakilan perusahaan sebagai mitra petani masing-masing Farid Istiyaji, mewakili PT. Iswesit Indonesia (perusahaan yang bergerak  untuk produksi hibrida, jenis sayur) ,dan Rudi Setiawan, dari PT Behn Meyer Agricare (perusaan pestisida ramah lingkungan).(Dp)