SPBE Minut Tahun 2022 Predikat Kurang,di Tahun 2023 Melonjak 2 Tingkat Menjadi Predikat Baik dan Tahun 2024 Target Predikat Sangat Baik

0

MINUT,indo-news.id_ Pemerintahan Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung (JGKWL) terus berupaya meningkatkan Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Pemerintahan JGKWL menargetkan untuk hasil evaluasi SPBE tahun 2024 meningkat dari predikat baik menjadi sangat Baik kalaupun bisa sampai predikat memuaskan tentu lebih baik,” ujar Kominfo Robby Parengkuan, Rabu (29/05/24).

Ia mengatakan, pada tahun 2022 indeks SPBE berada pada predikat kurang dan pada 2023 melonjak 2 tingkat menjadi predikat baik dan untuk Tahun 2024 kami menargetkan dapat meraih predikat sangat baik.

Menurutnya, untuk meraih target predikat sangat baik adapun yang menjadi perhatian untuk dibenahi meliputi 6 indikator yakni, kematangan perencanaan dan pengganggaran, Kematangan penggunaan layanan sistem penghubung layanan instansi, Kematangan penerapan managemen SDM, Kematangan penerapan managemen layanan, Kematangan pelaksanaan audit infrastruktur dan Kematangan layanan publik perijinan.

” Enam indikator ini yang menjadi perhatian khusus dalam meningkatkan poin dalam evaluasi , terlebih dengan OPD yang terkait,” ujar Parengkuan.

Lanjut dikatakannya, untuk memperbaiki poin pada indikator tersebut kami akan secepatnya melakukan rapat koordinasi dalam menindaklanjuti perbaikan.

“Dimana ada yang perlu penyesuaian atau integrasi dengan aplikasi layanan dari pusat seperti satu Dana Indonesia, Kependudukan, Pendidikan, Kesehatan, bantuan sosial, apalagi dengan terbitnya Perpres nomor 82 tahun 2023 tentang percepatan transformasi digital dan keterpaduan layanan digital nasional,” tandas Kadis Kominfo Robby Parengkuan.

(Rommy Rorong)