Rakorev, Bupati Joune Ganda Bahas Penanganan Bencana Bersama BNPB.

0

MINUT_Pemeritah Kabupaten Minahasa Utara menggelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev ) penanganan bencana yang terjadi di beberapa wilayah Kecamatan Likupang Raya, di Aula lantai tiga Kantor Bupati, Sabtu (13/04/24).

Rakorev yang ketiga kali ini, dipimpin Bupati Minahasa Utara Joune J.E.Ganda,SE, M.A.P., M.M., M.Si dan dihadiri Direktur perencanaan, rehabilitasi dan rekontruksi Johny Sumbung, SKM. M.Kes Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Dalam kesempatan ini, Bupati Joune Ganda meminta kepada BNPB langkah langkah apa yang dapat dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dalam penanganan terhadap daerah yang sudah berulangkali terjadi bencana agar dapat penanganan secara komperhensif dan terukur.

Pasalnya, seperti jalan dan jembatan yang diusulkan harus sudah jelas status kepemilikan. contoh jembatan milik desa apabila di perbaiki oleh pemkab harus di serahkan ke Pemkab , sehingga menjadi milik Pemkab baru dapat diperbaiki .

“Begitu juga status jalan ada yang milik Pemkab, milik Pemprov dan ada yang jalan nasional setelah status di pahami barulah diusulkan ke instansi teknis yang berkompeten agar usulan langkah langkah yang diambil tepat,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur perencanaan, rehabilitasi dan rekontruksi Johny Sumbung, SKM. M.Kes menyampaikan agar data data harus sinkron agar tepat dalam pengambilan keputusan.

Selain itu, Posko bencana agar setiap hari mengupdate terkait apa yang sudah dilaksanakan dan kendala apa yang di temui di lapangan.

Terkait aset daerah dan desa seperti jalan sekolah dan jembatan desa harus dialihkan terlebih dahulu ke Pemkab baru bisa di lakukan perbaikan.

“Apabila tidak dialihkan dapat menggunakan dana desa dalam perbaikan. Pemerintah kabupaten Minahasa Utara harus berkonsultasi dengan pemerintah pusat karena ada hal hal teknis yang perlu mendapat rekomendasi dari instansi teknis contoh dari balai jalan dan balai sungai,” ungkapnya.

Turut hadir dalam Rakorev tersebut, Kapolres Minut AKBP Dandung Putut Wibowo, Dandim Letkol CZi Hanif Tupen, Pejabat eselon 2, para Camat, Direktur RSUD Hukumtua desa yang terdampak bencana dan Kepsek SMPN liksel di Batu.