Paskah Raya dan Selebrasi ASM Besok, Dishub Minut Siapkan Pengalihan Arus Lalu Lintas

0

MINUT_ Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara siap mensukseskan Paskah Raya dan Hari Anak Sinode GMIM Tahun 2024 yang dirangkaikan selebrasi Paskah ASM (pawai jalan kaki) di Desa Kaima Wilayah Minawerot sampai Desa Kauditan, Sabtu (13/04/24) besok.

Melalui Dinas Perhubungan telah menyiapkan rekayasa lalu lintas dalam rangka mengantisipasi kemacetan di daerah Kabupaten Minahasa Utara, khususnya di wilayah Minawerot terutama di jalan Worang By Pass dari Airmadidi sampai dengan Kauditan.

Kadis Perhubungan Bobby Nayoan, menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya pengemudi kendaraan agar dapat mencari jalur alternatif lain lewat jalan tol atau jalan lainnya, untuk menghindari kemacetan dan potensi kecelakaan lalu lintas.

“Pihak Kepolisian dan Dishub Minut akan melakukan pengaturan dan rekayasa arus lalu lintas di lokasi – lokasi terkait sejak Pkl. 06.00 Wita s/d selesai. Bagi para peserta yang menggunakan kendaraan, dapat melalui akses jalan tol Manado – Bitung ( bebas biaya khusus peserta ) dan masuk ke lokasi utama di Lapangan Desa Kaima Kecamatan Kauditan melalui jalur jalan Worang By Pass, karena jalur jalan Minawerot akan ditutup dan dialihkan sementara,” ujarnya.

Sementara untuk layanan kesehatan, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara telah menyediakan ambulance dan mengintruksikan memarkirkan kendaraan ke arah by pass (atas) atau ke arah tol untuk mencari titik evakuasi yang terbaik.

Titik 1 : 1. lorong lapangan kaima bagian atas 2. lorong lapangan kaima bagian bawah
Titik 3 : Lorong rondonuwu
Titik 4 : Lorong kios wilford
Titik 5 :  Lorng Penapudan
Titik 6 : Lorong SMp 2 Kauditan
Titik 7 : jl Joseph pantow
Titik 8: jl. Yantje Sengke
Titik 9.10 :
9. Perempatan kauditan mengarah ke  bitung
10. Perempatan kauditan mengarah ke kema kemudian mencari lorong arlternatif untuk ke arah tol.

Penempatan titik kesehatan
1. RSUD walanda maramisPKM Kema
2.Hermana lembean, PKM wori
3. PKM Batu
4. PKM Likupang
5. PKM Airmadidi
6. PKM Mubune
7. PKM Kolongan
8. PKM Tatelu
9. RS Tonsea, RS Manembo-nembo, PKM Kauditan
10. RS. Sentra medika, PKM Talawaan

Untuk Sentra Medika Hospital Minut akan support ambulance level 3 dengan fasilitas setara Mini ICU yang dalamnya ada 1 brangkar. Untuk perawat dan dr masing masing 2 orang.

(Rommy Rorong)