Bentuk Kepedulian, Pemkab Minut Bantu Biaya Pemulangan Jenasah Warga Laikiit

0

MINUT_Sebagai bentuk Kepedulian pemerintah dalam membantu dan melayani masyarakat Minahasa Utara tak mampu yang tertimpa musibah diluar daerah.

Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara melalui Dinas Sosial memberikan bantuan sosial dalam bentuk tambahan biaya pemulangan jenasah almarhun Saputra. A Rasid (warga Desa Laikit) dari Bali ke Minut.

Penyerahan bantuan diberikan kepada pihak keluarga oleh Kadis Sosial Arnoldus Didi Wolayan didampingi Staf khusus Bupati bidang pengembangan Komunikasi dan Informasi Publik Fernandus Yusi Adam, Camat Dimembe Alfons Tintingon dan Hukum Tua Desa Laikiit Frans Manua di kantor Desa Laikit, Rabu (06/03/24).

Kadis Sosial Arnoldus Didi Wolayan mengatakan, bantuan sosial ini bentuk kepedulian pemerintah daerah dibawah kepemimpinan Bupati Joune Ganda dan Wabup Kevin William Lotulung dan ini merupakan tindak lanjut dari harapan keluarga yang menghubungi Kuntua Desa Laikit dan Camat Dimembe.

Kemudian hal itu dilaporkan oleh Camat secara berjenjang ke Kadis Sosial, Sekda Ir Novly Wowiling dan Bupati Minut Joune Ganda.

“Atas arahan Bupati Joune Ganda agar permohonan bantuan itu ditinjau kelayakan untuk dibantu sesuai dengan aturan yang berlaku, kami langsung meneliti dan cermati. Dimana almarhun adalah benar warga Desa Laikit dan terdaftar sebagai terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial RI(DTKS) Sistim Informasi Kesejahteraan Sosial(SIKS- NG),” ujar Wolayan.

Terpisah, Bupati Joune Ganda menyampaikan bahwa pemerintah selalu responship dan bergerak terhadap kondisi sosial kemasyarakatan yang dialami masyarakat Minahasa Utara, temasuk bagi terdampak bencana alam.

” Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara saya menyampaikan turut berduka cita, kirannya keluarga mendapat penghiburan dari Tuhan Yesus Kristus,” ujar Bupati sembari menambahkan bantuan sosial secara cepat ini merupakan wujud kepedulian karena sifatnya mendesak.

Sementara itu, perwakilan keluarga Katrin Koloay mengatakan bahwa respon cepat bantuan pemulangan almarhum sangat membantu keluarga.

” Atas nama keluarga besar kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pak Bupati Joune Ganda yang dengan cepat merespon dan memberikan solusi berupa kepulangan jenasah keluarga kami.” ujarnya.

Seperti diketahui, sesuai keterangan pihak keluarga, almarhum pada sebulan sebelumnya berangkat ke Bali untuk mencari kerja, namun beberapa saat tiba di kota Bali almarhum jatuh sakit hingga menghembuskan nafas di tempat pemondokkan bersama kerabat sesama warga Desa Laikit yang lebih dahulu bekerja di kota Bali.

(Rommy Immora)