Pemkot Kotamobagu Resmi Tutup Aktivitas Pasar di Eks Bioskop Palapa

0

KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu resmi menutup aktivitas pasar di Eks Bioskop Palapa, Kelruahan Gogagoman, Kamis (6/7/2023).

Para pedagag yang berjualan di lokasi tersebut  kini dipindahkan ke Pasar Genggulang,  Kotamobagu Utara.

Kepala Dinas Disdagkop dan UKM Kotamobagu, Ariono Potabuga mengatakan penutupan  aktivitas pasar di eks Bioskop Palapa, sudah sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku.

“Karena setelah diperiksa oleh Dinas PMPTSP mereka tak memiliki izin pengoperasian Pasar. Karena kewenangan soal perizinan itu wilayah atau domainnya Dinas PMPTSP. Maka hari ini kita bongkar dan pedagangnya kita tertibkan untuk dipindahkan ke Pasar Genggulang,” kata Ariono Potabuga.

Kepala Dinas PMPTSP Kotamobagu, Aljufri Ngandu, mengatakan para pedagang yang berjualan di lokasi tersebut menerima tiga surat peringatan.

“Aktivitas perdagangan sehari-hari di Eks Gedung Bioskop Palapa telah menerima Surat Peringatan (SP) I, SP II, hingga SP III. Oleh karena itu, lokasi tersebut jelas tidak memiliki izin resmi dari Pemkot Kotamobagu,” tegas Aljufri.

“Ini baru adil, terimakasih telah menutup pasar sehari-hari yang tanpa ijin, ini harapan kami, agar kita sesama pedagang sama rasa dalam melakukan aktivitas perdagangan di pasar yang telah disediakan oleh pemerintah,” ujar Yana warga setempat. (Syarip)