Pengendalian Inflasi, Bupati Joune Ganda Ikuti Rakor Rutin Bersama Mendagri

0

MINUT_Bupati Joune Ganda bersama Kapolres Minut didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah 2023 bersama Menteri Dalam Negeri secara virtual, Senin (29/05/23).

Rakor rutin inflasi yang diikuti seluruh kepala daerah se-Indonesia dalam rangka evaluasi terhadap penanganan dan pengendalian inflasi di masing-masing daerah dipimpin oleh, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Adapun hasil Rakor tersebut, penyumbang kenaikan harga komoditas pangan di seluruh Indonesia bervariasi. Sampai minggu IV bulan Mei 2023 minyak kelapa curah, bawang putih, bawang merah, daging ayam ras, telur,jagung, garam konsumsi masih menjadi komoditas yang menyumbang kenaikan harga di 34 provinsi.

Bupati Joune Ganda mengatakan, untuk Minahasa Utara harga komoditas yang mengalami kenaikan di sepanjang minggu IV yaitu telur ayam ras, gula pasir dan minyak goreng.

“Untuk penanganan inflasi di Minut, pemerintah telah melaksanakan sesuai kebijakan yang dikeluarkan berupa Program Marijo Bakobong yang dirangkaikan dengan Gerakan Aksi Menanam, Kerjasama Antar Daerah, Operasi Pasar dan Sidak pasar dan akan terus melakukan pemantauan serta evaluasi terhadap laju inflasi nasional terhadap dampak inflasi. Pemerintah Minut berkomitmen untuk tetap melaksanakan monitoring harga pasar serta menjaga harga holtikultura tetap stabil,” ujar Bupati. (Immora)